Pengaruh Reward dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Dimediasi Variabel Motivasi (Studi Empiris Karyawan Bank BTPN Probolinggo)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Bank Syari’ah Mandiri terhadap
Keputusan Pembelian dengan Kinerja Pelayanan Bank Syari’ah sebagai variable intervening (Studi Kasus Bank
Syari’ah Mandiri Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi). Penelitian ini dilaksanakan Oktober 2018 sampai
Februari 2019 dengan menggunakan variabel exogenous yakni Produk Bank Syari’ah(penghimpunan dana dan
penyaluran dana) dan variabel endogenous yaitu Keputusan Pembelian(Y) serta variabel Kinerja Pelayanan
sebagai variabel intervening(Z). Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Syari’ah Mandiri Rogojampi.
Sampel pada penelitian ini adalah responden yang merupakan nasabah aktif minimal satu tahun hingga
sekarang, terdiri dari 67 laki-laki dan 48 perempuan dengan total 115 orang. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini tergolong penelitian penjelasan (explanatory research). Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di hitung menggunakan skala likert. Metode analisis data
menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) yang terstandarisasi dan dihitung melalui program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pengaruh langsung dan 1 pengaruh tidak
langsung.Yaitu Produk Bank Syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan (semakin
tinggi Produk Bank Syari’ah maka Kinerja Pelayanan akan semakin meningkat dan sebaliknya). Produk Bank
Syari’ah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian.. Kinerja Pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (semakin tinggi Kinerja Pelayanan maka
Keputusan Pembelian akan semakin meningkat dan sebaliknya). Hasil pengujian pengaruh tidak langsung
diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan dengan arah positif antara Produk Bank
Syari’ah terhadap Keputusan Pembelian melalui Kinerja Pelayanan (bila Produk Bank Syari’ah semakin tinggi
akan diikuti dengan Kinerja Pelayanan yang semakin tinggi pula, maka Keputusan Pembelian akan semakin
meningkat dan sebaliknya).