dc.description.abstract | Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data pada penelitian ini dan
termasuk keadalam tipe penelitian deskriptif. Serta dalam penggalian data, diterapkan observasi
dan wawancara terstruktur. Dimana lokasi penelitian terletak pada PT. Bank Muamalat Indonesia
Cabang Malang, Jalan Kertanegara No. 2, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.
Adapun dalam teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperiksa
dengan menggunakan metode triangulasi sumber data.
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya upaya dari PT. Bank Muamalat Indonesia
Cabang Malang untuk memenuhi aspek kemaslahatan dari stakeholder melalui implementasi dari
program CSR yang telah dirumuskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR dari PT. Bank Muamalat
Indonesia Cabang Malang telah efektif dalam mencapai kemaslahatan stakeholder. Karena mampu
memenuhi setiap kriteria yang terdapat dalam skala prioritas utama dan yang kedua, yaitu
maqashid ad-dharuiryyah serta al-Hajiyyah. Namun tidak mampu mencapai tingkat kemaslahatan
yang sempurna, dikarenakan tidak terpenuhinya kriteria dalam aspek maqashid al-Tahsiniyyah.
PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang diharapkan dapat mempertahankan dan
diupayakan untuk meningkatkan setiap kualitas dari program CSR yang mengusung konsep
syari’ah, sehingga dapat lebih efektif dalam memberikan dampak kemaslahatan terhadap
stakeholder. Serta perlu diaplikasikannya CSR yang dapat memenuhi aspek maqashid alTahsiniyyah, sebagai langkah mencapai tingkatan kemaslahatan yang sempurna. | en_US |