dc.description.abstract | Strategi merupakan suatu rencana yang disusun untuk mencapai tujuan
pendidikan. Adapun untuk tujuan yang ingin dicapai yaitu melahirkan lulusan
atau generasi penerus yang bermutu. Tujuan tersebut dapat terlaksana dengan
baik dengan adanya perbaikan mutu dalam pendidikan. Mutu dalam
pendidikan dapat dilihat dari kualitas lulusan yang ada di sekolah tersebut.
Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah untuk
meningkatkan mutu lulusan. Sedangkan mutu lulusan dapat meningkat
apabila dalam sekolah tersebut dapat melaksanakan pengelolaan yang baik
serta tepat. Sehingga sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kualitas
lulusan agar mampu berdaya saing yang tinggi. Fokus penelitan yang akan
peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SDI Bani Hasyim Singoisari
Malang. 2) Bagaimana implementasi kepala sekolah di SDI Bani Hasyim
Singosari Malang dalam meningkatkan mutu lulusan. 3) Bagaimana evaluasi
kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SDI Bani Hasyim
Singosari Malang.
Adapun untuk tujuan penelitian ini yaitu: 1)Untuk mendeskripsikan
dan menganalisis perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu
lulusan di SDI Bani Hasyim Singosari Malang. 2) Untuk mendeskripsikan
dan menganalisis implementasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu
lulusan di SDI Bani Hasyim Singosari Malang. 3) Untuk mendeskripsikan
dan menganalisis evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di
SDI Bani Hasyim Singosari Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan data-data yang bersifat
deskriptif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
analisis data deskriptif dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara
perpanjangan keikutsertaan, pembahasan sejawat dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan mutu lulusan diawali
dengan komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu, diikuti dengan
pengembangan kurikulum serta meningkatkan sumberdaya guru dan tenaga
kependidikan, sarana prasarana dan manajemen kepala sekolah. Adapun
untuk penerapan perencanaan dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu
sebagai berikut: yaitu sebagai berikut: a) Meningkatkan kualitas pendidik, b)
Mengsosialisasikan Program dan kerja sama dengan wali murid, c)
Pengembangan sarana prasarana, d) Pengembangan skl, e) Pembinaan untuk
siswa diantaranya yaitu: 1) Penambahan jam mata pelajaran, 2) Kegiatan
ektrakulikuler, 3) Pembentukan karakter. Adapun untuk evaluasi kepala
sekolah yaitu dengan berproses kepala sekolah tidak hanya menghargai
mereka dari hasil saja akan tetapi proses dia untuk menjadi sosok seorang
guru yang berkualitas itu yang dihargai. Lewat supervisi-supervisi yang
kepala sekolah lakukan, pendampingan-pendampingan yang dilakukan. | en_US |