Show simple item record

dc.contributor.authorAssyifa, Divya Azza
dc.date.accessioned2021-01-06T02:40:00Z
dc.date.available2021-01-06T02:40:00Z
dc.date.issued2020-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1358
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan adanya penerapan metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas V merupakan sebagai upaya dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendorong motivasi belajar siswa serta penuntasan gairah belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung serta faktor penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, yakni pendalaman suatu masalah yang terjadi disebuah instansi sekolah, kelompok, dan individu dengan berusaha memperoleh pemahaman dari masalah tersebut. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan bahwa penggunaan variasi metode pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru serta membuat suasana pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan, tetapi beberapa siswa merasakan sedikit kejenuhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena beberapa metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak terlalu sering digunakan kembali. Dalam implementasi variasi metode pembelajaran terdapat tiga tahap yakni, 1) Perencanaan implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, dengan menyusun RPP dengan cara menganalisis KI-KD, materi pembelajaran, karakter peserta didik, serta situasi belajar siswa kemudian dijabarkan ke dalam RPP. Tentunya dalam pemilihan metode pembelajaran guru mempertimbangkan beberapa hal yakni, materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, situasi kelas yang berbeda-beda, dan karakteristik siswa. 2) Pelaksanaan implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu sesuai dengan RPP yang telah dirancang dengan membagi pada tiga kegiatan pembelajaran yakni, kegiatan awal, inti, dan penutup, pada kegiatan inti guru menggabungkan mengkombinasikan beberapa metode dalam satu kegiatan pembelajaran yakni, metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. 3) faktor pendukung variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, kemampuan guru dalam menerapkan variasi metode pembelajaran, kemampuan siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan sarana parasarana yang disediakan oleh pihak sekolah dalam menunjang kegiatan variasi metode pembelajaran. adapun faktor penghambat implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, kurangnya kemampuan pengelolaan situasi kelas yang dilakukan oleh guru, dan kurang maksimalnya sarana prasarana yang disediakan oleh pihak sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectVariasi Metodeen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.titleImplementasi Variasi Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record