Implementasi Variasi Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan adanya penerapan metode yang
digunakan oleh guru dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas V merupakan
sebagai upaya dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendorong
motivasi belajar siswa serta penuntasan gairah belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi variasi metode pembelajaran
akidah akhlak kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung serta faktor penghambat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus,
yakni pendalaman suatu masalah yang terjadi disebuah instansi sekolah,
kelompok, dan individu dengan berusaha memperoleh pemahaman dari masalah
tersebut. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan
peningkatan ketekunan.
Hasil penelitian ini menunjukkan temuan bahwa penggunaan variasi
metode pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi
yang disampaikan oleh guru serta membuat suasana pembelajaran menyenangkan
dan tidak membosankan, tetapi beberapa siswa merasakan sedikit kejenuhan
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena beberapa metode yang digunakan
dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak terlalu sering digunakan kembali.
Dalam implementasi variasi metode pembelajaran terdapat tiga tahap yakni, 1)
Perencanaan implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di
MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, dengan menyusun RPP dengan cara
menganalisis KI-KD, materi pembelajaran, karakter peserta didik, serta situasi
belajar siswa kemudian dijabarkan ke dalam RPP. Tentunya dalam pemilihan
metode pembelajaran guru mempertimbangkan beberapa hal yakni, materi
pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, tujuan pembelajaran yang
akan dicapai, situasi kelas yang berbeda-beda, dan karakteristik siswa. 2)
Pelaksanaan implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas V di
MI Miftahul Ulum Kota Batu sesuai dengan RPP yang telah dirancang dengan
membagi pada tiga kegiatan pembelajaran yakni, kegiatan awal, inti, dan penutup,
pada kegiatan inti guru menggabungkan mengkombinasikan beberapa metode
dalam satu kegiatan pembelajaran yakni, metode ceramah, tanya jawab, diskusi,
dan penugasan. 3) faktor pendukung variasi metode pembelajaran akidah akhlak
kelas V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, kemampuan guru dalam
menerapkan variasi metode pembelajaran, kemampuan siswa yang tinggi dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran, dan sarana parasarana yang disediakan oleh
pihak sekolah dalam menunjang kegiatan variasi metode pembelajaran. adapun
faktor penghambat implementasi variasi metode pembelajaran akidah akhlak kelas
V di MI Miftahul Ulum Kota Batu yakni, kurangnya kemampuan pengelolaan
situasi kelas yang dilakukan oleh guru, dan kurang maksimalnya sarana prasarana
yang disediakan oleh pihak sekolah.