Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Wonokoyo RT 03 RW 02 Malang)

Show simple item record

dc.contributor.author Ariska, Yuni
dc.date.accessioned 2021-01-06T02:55:35Z
dc.date.available 2021-01-06T02:55:35Z
dc.date.issued 2020-07-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1364
dc.description.abstract Pada hakikatnya keluarga merupakan wadah pendidikan yang utama dalam membentuk watak, kepribadian dan akhlak bagi anak. Baik buruknya perilaku seorang anak dapat dilihat dari bagaimana keluarganya, karena keluarga dipandang sebagai tolak ukur tingkah laku setiap individu. Oleh karena itu, pendidikan yang diperoleh anak dalam keluargalah yang nantinya akan berpengaruh pada pendidikan yang selanjutnya. Dalam keluarga komponen yang sangat mempengaruhi yaitu orang tua. Orang tua inilah yang berperan penting dan berkewajiban dalam mendidik serta membimbing anaknya dalam segala hal tentang kehidupan terutama tentang pendidikan akhlak dan agamanya. Pada masa saat ini, banyak sekali para orang tua yang tidak memperhatikan anak-anaknya. Hal ini disebabkan karena mereka para orang tua terlalu sibuk bekerja sehingga waktu untuk mendidik anak sangat terbatas. Keterbatasan waktu orang tua dalam mengawasi dan mendidik anak merupakan awal munculnya permasalahan. Jadi, tak jarang jika akhir-akhir ini banyak sekali anak-anak yang kurang sopan santun, tidak berakhlak terpuji dan bertingkah seenaknya saja tanpa menghiraukan orang lain. Dari latar belakang permasalahan penelitian di atas maka peneliti dapat merumuskan rumusan masalahnya yaitu Bagaimana peran keluarga dalam pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun, Bagaimana metode yang digunakan keluarga dalam pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun dan Faktor apa saja yang menghambat keluarga dalam mendidik akhlak anak usia 6-12 tahun di Kelurahan Wonokoyo Rt 03 Rw 02 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran keluarga dalam pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun, metode yang digunakan keluarga dalam pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun dan faktor penghambat keluarga dalam mendidik akhlak anak usia 6-12 tahun di Kelurahan Wonokoyo Rt 03 Rw 02 Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang memiliki anak usia 6-12 di Kelurahan Wonokoyo khususnya Rt 03 Rw 02. Dalam penelitian ini terdapat lima subjek penelitian, yaitu kepala keluarga yang memiliki anak usia 6-12 tahu. vii Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam pendidikan akhlak anak usia 6-12 tahun di Kelurahan Wonokoyo Rt 03 Rw 02 yaitu ada tiga cara yaitu: membentuk aktivitas ibadah anak, menanamkan adab kepada anak, dan menanamkan sikap kejujuran kepad anak. Sedangkan terkait metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak anak uasia 6-12 tahun, yaitu: metode teladan atau contoh, pembiasaan dan nasehat, dan faktor penghambat keluarga dalam mendidik akhlak anak yaitu faktor dari dalam dan dari luar. Faktor dari dalam seperti kurangnya waktu luang orang tua kepada anaknya karena terlalu sibuk bekerja, suasana hati anak yang berbeda-beda. Sedangkan faktor dari luar yaitu faktor lingkungan dan kemajuan teknologi. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu bagi para orang tua diluar sana agar selalu memperhatikan pendidikan akhlak anak, melaksanakan perannya dengan baik sebagai orang tua dalam memberikan contoh yang baik sebagai panutan bagi anak-anaknya, dan jangan pernah berhenti untuk selalu mengajarkan anak rajin beribadah, serta berupaya dalam mengontrol dan mengawasi anak dari perkembangan teknologi saat ini agar anak tidak terjerumus dalam perbuatan yang buruk. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Keluarga en_US
dc.subject Pendidikan Keluarga en_US
dc.subject Anak Usia 6-12 Tahun en_US
dc.title Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Wonokoyo RT 03 RW 02 Malang) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account