Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku “Tuhan Tidak Perlu di Bela” Karya K.H Adurrahman Wahid

Show simple item record

dc.contributor.author Hamzah, As’at Nursalim Ma’as
dc.date.accessioned 2021-01-06T02:58:39Z
dc.date.available 2021-01-06T02:58:39Z
dc.date.issued 2020-08-05
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1365
dc.description.abstract Nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap seseorang akan membentuk karakter, tingkah laku dan pola pikir yang sesuai dengan ajaran agama, seiring perkembangan zaman seseorang akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang bermacam-macam, salah satu fungsi pendidikan adalah pendidikan dapat menjawab persoalan atau permasalahan yang dihadapi seseorang, maka diperlukan solusi terhadap pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Maka dari itu peneliti mengambil nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Tuhan Tidak Perlu Dibela sebagai fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis kajian pustaka (library research), Sumber Data primer diambil dari buku Tuhan Tidak Perlu Dibela karya Abdurrahman Wahid, Sumber Data sekunder diperoleh dari Al-Qur’an, jurnal di internet, koran dan buku yang berkaitan. Teknik pengumpulan data, pertama pengambilan data primer dari sumber rujukan utama melalui analisis, kedua mencari data sekunder dari ayat Al-qur‟an, jurnal di internet dan buku. Teknik Analisis Data menggunakan metode analisis konten, metode reduksi data, metode interpretasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Tuhan Tidak Perlu Dibela yang berupa makna yang terdapat didalam gagasan dan pemikiran Abdurrahman wahid. Berdasarkan penelitian dalam buku Tuhan Tidak Perlu Dibela, dalam buku ini terdapat nilai-nilai pendidikan agama Islam, pertama, nilai pendidikan aqidah yang menjelaskan makna tauhid kepada Allah dengan mengenali sifat-sifat keagungan-Nya, kedua, nilai pendidikan ibadah meliputi pendidikan ibadah dengan menegakkan ajaran agama sesuai kapasitasnya, ketiga, nilai pendidikan akhlak dengan mengutamakan keadilan, saling menghargai, menghormati, sabar dan tetap berpedoman pada ajaran agama Islam. Isi dari gagasan-gagasan beliau adalah mengaitkan ajaran agama dengan segala hal yang terdapat dalam kehidupan, namun tetap sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam yaitu untuk mendidik pribadi yang rahmatan lil’alamin, seperti menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai pluralitas sosial dan budaya, termasuk menanggapi persoalan-persoalan kontemporer. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai-Nilai en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Buku Tuhan Tidak Perlu Dibela en_US
dc.subject Values en_US
dc.subject Islamic Education en_US
dc.title Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku “Tuhan Tidak Perlu di Bela” Karya K.H Adurrahman Wahid en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account