Pengelolaan Program Kelas Idaman (Unggulan) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Dinda Utama
dc.date.accessioned 2021-01-06T03:00:44Z
dc.date.available 2021-01-06T03:00:44Z
dc.date.issued 2020-07-21
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1366
dc.description.abstract Peran pendidikan sangatlah penting, terutama dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas, jujur, terampil, kreatif serta memilki jiwa profesionalisme yang tinggi. Kelas idaman merupakan kelas yang lebih unggul dan mempunyai berbagai kegiatan intra dan ekstrakulikuler untuk menunjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik serta dari segi fasilitas kelas idaman sangatlah berbeda dari kelas reguler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), proses pelaksanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan model pembelajaran kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari 5 informan antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, ketua tim idaman, guru pendidikan agama Islam (PAI) dan siswa kelas idaman (unggulan) Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang terdapat 4 perencanaan yakni input siswa kelas idaman (unggulan), guru kelas idaman (unggulan), kurikuum kelas idaman (unggulan) dan lingkungan belajar. Terkait dengan proses pelaksaan meliputi kegiatan program pembelajaran kelas idaman (unggulan), proses pembelajaran kelas idaman (unggulan) dan evaluasi hasil belajar siswa, dan terkait dengan model pembelajaran kelas idaman meliputi model pembelajaran discovery learnig, inquiry learnning, problem based learning dan project based learning. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kelas Idaman en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Pengelolaan Program Kelas Idaman (Unggulan) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account