Upaya Majelis Ta’lim Al- Islamy dalam Melestarikan Nilai-Nilai Aswaja
Abstract
Kualitas manusia dapat diukur dari seberapa tinggi pendidikannya, sebab
melalui pendidikan setiap individu mampu meningkatkan kualitas sumber daya
manusia. Pendidikan yang tinggi tentu mempunyai peran penting bagi
keberlangsungan hidup pada setiap individu di masa mendatang.
Majelis ta’lim merupakan salah satu wadah dari beberapa bidang
pendidikan yang di dalamnya terdapat golongan di suatu masyarakat. Semakin
ketatnya persaingan dalam berbagai aspek kehidupan diharuskan untuk dapat
menyesuaikan diri di dalamnya. Tidak hanya dalam segi intelektualnya saja,
melainkan juga dituntut untuk dapat bertanggung jawab di bidang sosialnya. Dalam
penelitian ini terdapat rumusan masalah yang terbagi atas tiga fokus, yakni:
pertama, Bagaimana model kegiatan pembelajajaran majelis ta’lim Al-Islamy?
Kedua, bagaimana implementasi majelis ta’lim Al-Islamy dalam melestarikan nilainilai Aswaja? Ketiga, Apakah faktor pendukung dan penghambat majelis ta’lim AlIslamy dalam melestarikan nilai-nilai Aswaja?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya majelis Ta’lim AlIslamy dalam melestarikan nilai-nilai Aswaja. Dalam penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus (study case) yang
lebih menonjolkan penjelasan melalui kata-kata. Peneliti menggunakan instrumen
berupa observasi, kemudian wawancara dan selanjutnya dokumentasi.