Show simple item record

dc.contributor.authorMursalin, Muhammad Asrofi Awali
dc.date.accessioned2021-01-07T03:59:14Z
dc.date.available2021-01-07T03:59:14Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1377
dc.description.abstractDinamika Pendidikan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Banyak dibicarakan bahwasanya pendidikan yang mengutamakan pendidikan umum dari pada pendidikan agama khususnya agama islam sehingga banyak yang menyebutkan menjadi kemerosotan moral pada peserta didik, tetapi di sekolah SMP Negeri 9 Malang ini memiliki trobosan baru dengan mengadakan program menghafal atau tahfidz juz amma pada setiap jenjang kelas, dengan adanya program ini maka peserta didik mampu menguasai dan dapat bersaing dengan sekolah yang mayoritas keagamaan, banyak sekali kelebihan dari program ini salah satu yang timbul dan terlihat bahwa peserta didik mengalami kemajuan dalam hal karakter peserta didik,serta nilai-nilai Pendidikan akhlak, program ini dilakukan pada saat mata pelajaran agama, sedangkan prosedur dalam pelaksanaan setiap guru agama tentunya terlibat untuk mengawal peserta didik agar peserta didik dapat melakukan sesuai dengan program yang direncanakan. Program ini sendiri sudah berjalan sangat lama dari tahun ketahun selalu menglami kemajuan. Adapun tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan akhlak pada peserta didik melalu program tahfidz AlQur’an (Juz amma), serta proses pelaksanaan dan pengaplikasianya pada peserta didik, hal yang paling penting dan sangat berguna bagi kita tentunya umat islam adalah bagaimana kita mencari bekal untuk kehidupan di akhirat maka dengan itu internalisasi nilai-nilai akhlak peserta didik sangat lah penting pada usia yang dini, agar peserta didik memiliki bekal nantinya untuk kehidupanya masing-masing baik pada lingkungan keluarga, masyarakat, serta lingkungan tempat tinggal. Penelitian ini Merupakan penelitian kulitatif yang dilakukan dilapangan sedangkan pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi lapangan, hasil wawancara serta, pengumpulan dokumentasi sedangkan teknik pengambilan keabsahan data dengan triangulasi baik antar peneliti, metode, serta suber data dan teori, lokasi yang dipilih peneliti di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Malang, subyek peneliti adalah Peserta didik kelas VII dan Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang serta proses kegiatan menghafal juz amma dan informan daridewan guru agama dan karyawan sekolah. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwasanya 1). pelaksanaan program tahfidz AlQur’an (Juz Amma) di dasari karena adanya keresahan guru agama tentang peserta didik yang banyak belum bisa embaca Al-Qur’an, program awalnya hanya dilakukan pada kegiatan ekstrakulikuler sekolah setelah berjalan dengan baik dan dirasa sudah cukup peserta didik dapat membaca Al-Qur’an maka dilanjutkan program tahfidz Al-Qur-an (juz amma), program tahfidz al-Qur’an (juz amma) dilakukan satu jam pelajaran pendidikan agama islam kurang lebih selama 45 menit, sdangkan metode yang digunakan menggunakan metode tartil, karena dengan metode tartil guru pendidikan agama dapat melaksanaakan program denagn efektif dan efesien. 2). Proses internalisasi itu sendiri mengunakan tiga tahap diantaranya : tahap transformasi nilai, tahap transaksi, dan tahap Transinternalisasi, pada tahap transinternalisasi ada tiga tahap yang harus dipenuhi diantaranya: tahap menyimak, Responding, dan Organization. 3). Dapak dari program tahfidz alqur-an itu sendiri memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat dan sekolah, tidak hanya itu peserta didik pun lebih memiliki nilai-nilai akhlak yang mumpuni yang dulunya belum begitu santun terhadap sesama, setelah adanya program ini dapat lebih santun, lebih menghormati, lebih baik, lebih bernilai. Kata kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak,Tahfidz Al-Qur’an (juz Amma).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectInternalisasien_US
dc.subjectNilai-Nilaien_US
dc.subjectPendidikan Akhlaken_US
dc.subjectTahfidz Al-Qur’an (juz Amma)en_US
dc.titleInternalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an (Juz Amma) di SMP Negeri 9 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record