Show simple item record

dc.contributor.authorMustofa, Muhammad Khairil
dc.date.accessioned2021-01-18T02:30:44Z
dc.date.available2021-01-18T02:30:44Z
dc.date.issued2020-12-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1433
dc.description.abstractPondok Pesantren merupakan salah satu lembaga non formal yang memberikan kontribusi adanya perdamaian. Namun untuk dapat mewujudkan adanya perdamaian tersebut membutuhkan proses, mulai dari perencanaan, implementasi sampai kepada evaluasi yang panjang. Penelitian ini berhubungan dengan fenomena mendalam mengenai implementasi nilai-nilai budaya damai di pesantren yang dipandang sebagai salah satu tujuan kegiatan pembelajaran kepada para santri. Fokus utama penelitian ini didasarkan kepada fenomena implementasi nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural dalam merawat budaya damai di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan, yaitu : 1) Bagaimana nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural dalam merawat budaya damai di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan, 2) Bagaimana proses implementasi nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural dalam merawat budaya damai di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan, 3) Bagaimana model implementasi nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural dalam merawat budaya damai di pondok pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Dalam rangka mendapatkan gambaran dari hasil penelitian, dilakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun tekhnik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara snowball sampling. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data skunder. Sedangkan analisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman. Hasil kajian lapangan diperoleh temuan : Pertama; Nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural. Kedua; Proses implementasi nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural melalui kegiatan dipesantren. Ketiga; Model impelemtasi nilai pendidikan keagamaan Islam multikultural dalam merawat budaya damai di Pesantren Ngalah dilakukan secara partisipatif. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis yaitu menguatkan teori yang dibangun oleh Grindle tentang implementasi yaitu Implementation as A Political and Administrative Procces. Dalam nilai pendidikan Islam multikultural, penelitian ini memberikan penguatan teori yang dibangun oleh Aly yang menemukan nilai demokrasi, kesetaraan, keadilan, kemanusiaan, kebersamaan, kedamaian, sikap mengakui, menerima dan menghargai keberagamaan. Dalam kehidupan harmoni di pesantren penelitian ini menguatkan teori yang dikemukakan oleh Asna Husin tentang harmoni holistiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBudaya Damaien_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Nilai Pendidikan Keagamaan Islam Multikultural dalam Merawat Budaya Damai di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record