Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Penerbangan Sriwijaya Air Di Bandar Udara Kalimarau Berau Kalimantan Timur)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung variabel
kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan, pengaruh langsung kualitas
layanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh langsung kepuasan
terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh tidak langsung variabel kualitas
layanan dan promosi terhadap pelanggan. loyalitas melalui kepuasan. Populasi
penelitian ini adalah pengguna jasa penerbangan Sriwijaya Air Bandara Kalimarau
Berau Kalimantan Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Maholtra
sehingga didapatkan 85 responden yang memenuhi persyaratan sebagai sampel.
Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan metode analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi
berpengaruh langsung terhadap kepuasan, kualitas pelayanan dan promosi
berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen, kepuasan berpengaruh
langsung terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan dan promosi
berpengaruh tidak langsung. pada loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai
variabel intervening.