Upaya Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Didik di Madrasah Diniyah “Nur Chasanah” Gondanglegi Malang
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang penafsiran bacaan Al-Quran yang ada di lembaga berlatar belakang pendidikan bacaan Al-Qur’an, yang pada sebuah penafsiran materi menekankan kepada siswa supaya mampu mengenal lebih jauh dan mampu mempraktikkan dengan baik bacaan Al-Quran yang baik dan benar.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh pihak Madrasah Diniyah Nur Chasanah dalam memberikan pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an kepada anak didik. (2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an pada anak didik.
Untuk menggali data tersebut, digunakan pendekatan penelitian kualitatif, sebagaimana instrumen adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mengorganisasikan dan mengurutkan data sehingga menarik kesimpulan dari hasil penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) upaya Madrasah Diniyah untuk memahamkan peserta didik dalam membaca Al Qur’an dengan menggunakan beberapa faktor pendukung yang dapat memahamkan peserta didik mengenai membaca Al-Qur’an yang baik dan benar yaitu dengan menyediakan dua kali pertemuan dalam satu hari yakni pada pagi hari dan sore hari, menyediakan sarana berupaya ruang kelas sesuai dengan tingkat kemampuan serta sesuai usia peserta didik, memberikan motivasi berupa nasehat serta pendidik memberikan contoh perilaku membaca Al-Qur’an disela-sela waktu senggang, dan upaya yang lain yaitu menerapkan suatu metode baca Al-Qur’an pada kegiatan pembelajaran di MADIN (Madrasah Diniyah) Gondanglegi Kabupaten Malang Jawa Timur. (2) Metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran di MADIN Nur Chasanah yaitu mengaplikasikan sebuah metode baca Al-Qur’an. Metode baca Al-Qur’an yang digunakan yaitu metode Yanbu’a. Kata Kunci : Al-Qur’an, Upaya, Madrasah Diniyah, Membaca Al-Qur’an