Study Kelayakan Teknis Kereta Cepat Pada Rel Kereta Api Listrik (Commuter Line) Di Indonesia
Abstract
Kereta rel listrik merupakan alat tarnsportasi yang bergerak berdasarkan sistem
elektrifikasi. Pada kereta rel listrik sistem elektrifikasi berfungsi untuk mengalirkan daya listrik
dari jaringan catenary menuju motor cabin dan beberapa kabin lainnya hingga kereta tersebut
bisa berjalan. Dalam sistem kelistrikan KRL energi listrik dapat berupa arus DC dan arus AC.
pada sistem elektrifikasi terdapat dua bagian yaitu motor cabin dan trailer cabin. Pada motor
cabin terdapat sistem propulasi yang menggerakkan kereta, sementara pada trailer cabin
terdapat beban kelistrikan lainnya. Pada penelitian ini dibahas tentang kekuatan jaringan rel
listrik 1500 VDC sebagai penggerak sistem propulasi kereta pada saat daya motor traksi di
perbesar. Sistem propulasi sendiri terdiri dari pantograf,circuit breaker, filter DC, invert VVFH
IGBT dan motor traksi. Dengan parameter pengujian daya masuk 450kW. Dengan menghitung
melalui software matlab r2107a dari persamaan yang sudah ditentukan dapat diketahui bahwa
sistem propulasi kereta akan memiliki efesiensi yang baik saat tegangan yang mengalir 388.7V
dengan daya keluaran inverter399.74 kW. Dimana diperoleh besarnya efesiensi invereter
88.83%. Jaringan katenari 1500 VDC tidak mampu menjalankan kereta cepat dengan output
283kW dan hanya mampu menjalankan kerata dengan output maksimal 193.1kW.