Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Pujiastuti, Rita Yani
dc.date.accessioned 2021-02-18T03:36:48Z
dc.date.available 2021-02-18T03:36:48Z
dc.date.issued 2021-01-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1577
dc.description.abstract Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Misalnya, menghitung dan membilang merupakan kegiatan matematika yang rutin dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut contoh dari cara penyampaian apa yang sedang dipikirkannya dalam bentuk lain, baik dalam bentuk kata-kata ataupun simbol supaya orang lain lebih mudah memahami maknanya biasa disebut dengan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis diperlukan dalam mempelajari matematika yang berkaitan dengan penyelesaian masalah. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam mengubah ide-ide matematika menjadi berbagai bentuk gambar, tabel, simbol, kata-kata tertulis maupun lisan untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun, tidak semua peserta didik mampu merepresentasikan suatu masalah dengan tepat. Salah satu penyebab perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik yaitu gaya kognitif yang dimiliki peserta didik. Gaya kognitif menjadi suatu karakteristik bagi peserta didik sebagai pengolah informasi. Materi matematika yang berkaitan dengan pemecahan masalah dan membutuhkan kemampuan representasi yang tepat salah satunya adalah materi pola bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam melakukan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif; 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya kognitif pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil langsung dari sumber asli, yaitu peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 21 orang, dengan subjek penelitian yang terpilih adalah 6 subjek penelitian.. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, tes gaya kognitif, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri atas soal tes kemampuan representasi matematis, tes GEFT, dan pedoman wawancara. Soal tes kemampuan representasi matematis dan kr gaya kognitif diberikan kepada 21 peserta didik. Berdasarkan vii jawaban soal tes kemampuan representasi matematis dan kuisioner maka dipilih 6 subjek penelitian dengan jawaban soal tes yang unik atau khas untuk diwawancarai guna memperoleh informasi yang lebih mendalam mengenai kemampuan representasi matematis. Validasi data menggunakan triangulasi metode untuk menguji keabsahan data dengan membandingkan kemampuan representasi matematis dan hasil wawancara. Setelah data absah maka dilakukan analisis data untuk memperoleh kesimpulan kemampuan representasi matematis berdasarkan tiap tipe gaya kognitif field dependent dan field independent. Berdasarkan hasil analisis data diperoeh kesimpulan bahwa: 1) cara-cara yang dilakukan subjek field independent yaitu menganalisis yang diketahui pada soal sebagai patokan untuk menyelesaikan soal, menyajikan informasi yang diketahui dalam representasi gambar menyajikan informasi dari suatu informasi dalam representasi tabel, membuat model matematika pola bilangan ke-n, menyelesaikan masalah menggunakan kata-kata tertulis untuk memperjelas penyelesaian masalah. Subjek field dependent menyajikan informasi yang diketahui dalam representasi gambar, menyajikan tabel informasi pada akhir penyelesaian sebagai kesimpulan akhir, membuat model matematika tanpa menyertakan langkah-langkah, menarik kesimpulan menggunakan kata-kata untuk memperjelas penyelesaian masalah. 2) tingkat kemampuan representasi matematis peserta didik tipe gaya kognitif field independent tergolong dalam tingkat sedang dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 97,79, sedangkan peserta didik tipe gaya kognitif field dependent tergolong tingkat rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh 50,9. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kemampuan Representasi Matematis en_US
dc.title Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account