Karakterisasi Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Putri
dc.date.accessioned 2021-02-18T04:05:13Z
dc.date.available 2021-02-18T04:05:13Z
dc.date.issued 2021-01-30
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1589
dc.description.abstract Metakognitif merupakan kesadaran tentang berpikirnya sendiri, pengetahuan tentang proses berpikirnya sendiri, kemampuan untuk memantau dan memahami kegiatan berpikirnya sendiri. Terdapat tiga proses dalam kemampaun metakognitif yaitu perencanaan, pemantauan dan penilaian. Aktivitas-aktivitas ini disebut sebagai strategi metakognitif yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penggunaan strategi metakognitif ini merupakan pengalaman metakognitif atau disebut dengan pengaturan metakognitif dalam kemampuan metakognitif. Fokus penelitian ini adalah menganalisis karakterisasi kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan garis lurus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII MTs Al Khoiriyah. Masalah matematika yang dijadikan kajian adalah menentukan konsep persamaan garis lurus. Sehingga menjadikan masalah tersebut menjadi masalah atau soal yang terbuka, subjektif, dan non-routine yang tidak mudah untuk diselesaikan. Analisis data dilakukan berdasarkan lembar hasil tes subjek. Setiap langkah diidentifikasi ada atau tidaknya indikator proses kemampuan metakognitif. Temuan dan pembahasan subjek dengan cuplikan wawancara dan jawaban angket siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat 3 tipe karakterisasi kemampuan metakognitif, yaitu: tipe lengkap terurut adalah tercapainya semua indikator proses kemampuan metakognitif dalam menyelesaikan masalah secara lengkap serta pelaksanaanya dilakukan secara berurutan berdasarkan tahap pemecahan masalah, lengkap tidak terurut adalah tercapainya semua indikator proses kemampuan metakognitif dalam menyelesaikan masalah secara lengkap namun dalam pelaksanaanya dilakukan secara tidak berurutan berdasarkan tahap pemecahan masalah dan tidak lengkap adalah beberapa indikator yang belum tercapai dalam menyelesaikan masalah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Metakognitif en_US
dc.subject pemecahan masalah matematika en_US
dc.title Karakterisasi Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account