Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Putri
dc.date.accessioned2021-02-18T04:05:13Z
dc.date.available2021-02-18T04:05:13Z
dc.date.issued2021-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1589
dc.description.abstractMetakognitif merupakan kesadaran tentang berpikirnya sendiri, pengetahuan tentang proses berpikirnya sendiri, kemampuan untuk memantau dan memahami kegiatan berpikirnya sendiri. Terdapat tiga proses dalam kemampaun metakognitif yaitu perencanaan, pemantauan dan penilaian. Aktivitas-aktivitas ini disebut sebagai strategi metakognitif yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penggunaan strategi metakognitif ini merupakan pengalaman metakognitif atau disebut dengan pengaturan metakognitif dalam kemampuan metakognitif. Fokus penelitian ini adalah menganalisis karakterisasi kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan garis lurus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII MTs Al Khoiriyah. Masalah matematika yang dijadikan kajian adalah menentukan konsep persamaan garis lurus. Sehingga menjadikan masalah tersebut menjadi masalah atau soal yang terbuka, subjektif, dan non-routine yang tidak mudah untuk diselesaikan. Analisis data dilakukan berdasarkan lembar hasil tes subjek. Setiap langkah diidentifikasi ada atau tidaknya indikator proses kemampuan metakognitif. Temuan dan pembahasan subjek dengan cuplikan wawancara dan jawaban angket siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat 3 tipe karakterisasi kemampuan metakognitif, yaitu: tipe lengkap terurut adalah tercapainya semua indikator proses kemampuan metakognitif dalam menyelesaikan masalah secara lengkap serta pelaksanaanya dilakukan secara berurutan berdasarkan tahap pemecahan masalah, lengkap tidak terurut adalah tercapainya semua indikator proses kemampuan metakognitif dalam menyelesaikan masalah secara lengkap namun dalam pelaksanaanya dilakukan secara tidak berurutan berdasarkan tahap pemecahan masalah dan tidak lengkap adalah beberapa indikator yang belum tercapai dalam menyelesaikan masalah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetakognitifen_US
dc.subjectpemecahan masalah matematikaen_US
dc.titleKarakterisasi Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurusen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record