dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa di Biro Administrasi
Akademik dan Kerjasama (BAAK) Universitas Islam Malang. Penelitian ini
merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif dan populasi
penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Islam Malang dari tahun 2016-
2019. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian adalah data primer.
Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel acak sederhana
(simple random sampling) dengan total 387 responden. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan
pengujian hipotesis menggunakan uji T (uji parsial). Berdasarkan uji analisis
regresi linier sederhana diperoleh bahwa kualitas pelayanan akademik
berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa yaitu menghasilkan nilai
konstanta sebesar 1.673. Jika dilihat dari nilai korelasi antara variabel kualitas
pelayanan akademik dan kepuasan mahasiswa sebesar 0,649, maka nilai korelasi
yang didapat dari tabel klasifikasi koefisien korelasi berada pada interval 0,60-
0,799 yang artinya terdapat hubungan yang kuat. Berdasarkan pengujian hipotesis
dengan Uji T diperoleh variabel kualitas pelayanan akademik yang terdiri dari
Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan),
Emphaty (empati) dan Tangible (bukti fisik) berpengaruh signifikan terhadap
variabel kepuasan mahasiswa. | en_US |