Show simple item record

dc.contributor.authorKampoh, Mohamad Saleh Y
dc.date.accessioned2021-03-08T01:49:41Z
dc.date.available2021-03-08T01:49:41Z
dc.date.issued2021-01-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1638
dc.description.abstractPenelitian ini merupaka penelitina deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana dalam penelitian ini sifatnya menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triagulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) penelitian ini bertujuan untuk Bagaima upaya MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan, (2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat MI Hiadayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang dalam menanamkan nilainilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan, (3) bagaimana hasil penanaman nilainilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). upaya Kepala Madrasah dan Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang sudah mencapai kemampuan yang sangat tinggi, secara segi proses untuk menciptakan anak murid mencapai nilai-nilai budi pekerti yang baik sudah sangat optimal dan memiliki perubahan yang mulai terlihat dari siswa, pendidik, orang tua dan masyarakat sekitar, (2) kendala yang dihadapi dalam vii proses upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang yaitu lalainya peserta didik membawa juz‟ammah atau Al-Qur’an, peserta didik yang sulit dikondisikan, dan kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya dampingan terhadap perkembangan anak. Adapun juga faktor pendukung yaitu Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang memiliki beberapa fasilitas yang cukup menopang jalanya upaya proses yang di rencanakan, letak Madrasah berada tepat di jantung Ponpes Hidayatul Mubtadiin, warga lingkungan Madrasah sangat membantu mengawasi siswa siswi, (3) berdasarkan upaya-upaya penanaman nilai dan karakter yang di lakukang di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang maka membentuk karakter yang baik pada siswa, Kegiatan keagamaan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mutbadiin Tasikmadu Kota Malang yang terbentuk dari upaya tersebut adalah. 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), berdoa bersama, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, muraja‟ah hafalan, dan manasik haji. Nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan keagamaan yaitu nilai religius, disiplin, dan tanggung jawaben_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpaya Penanaman Nilaien_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectKegiatan Keagamaanen_US
dc.titleUpaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record