Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang
Abstract
Penelitian ini merupaka penelitina deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana dalam penelitian ini sifatnya
menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif.
Uji keabsahan data dilakukan dengan triagulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) penelitian ini bertujuan untuk Bagaima upaya MI
Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
karakter melalui kegiatan keagamaan, (2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan
penghambat MI Hiadayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kota Malang dalam menanamkan nilainilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan, (3) bagaimana hasil penanaman nilainilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu
Kota Malang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). upaya Kepala Madrasah dan Guru-Guru
Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang sudah mencapai
kemampuan yang sangat tinggi, secara segi proses untuk menciptakan anak murid mencapai
nilai-nilai budi pekerti yang baik sudah sangat optimal dan memiliki perubahan yang mulai
terlihat dari siswa, pendidik, orang tua dan masyarakat sekitar, (2) kendala yang dihadapi dalam
vii
proses upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di
Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang yaitu lalainya peserta didik
membawa juz‟ammah atau Al-Qur’an, peserta didik yang sulit dikondisikan, dan kurangnya
kesadaran orang tua akan pentingnya dampingan terhadap perkembangan anak. Adapun juga
faktor pendukung yaitu Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Kota Malang
memiliki beberapa fasilitas yang cukup menopang jalanya upaya proses yang di rencanakan,
letak Madrasah berada tepat di jantung Ponpes Hidayatul Mubtadiin, warga lingkungan
Madrasah sangat membantu mengawasi siswa siswi, (3) berdasarkan upaya-upaya penanaman
nilai dan karakter yang di lakukang di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu
Kota Malang maka membentuk karakter yang baik pada siswa, Kegiatan keagamaan yang ada
di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mutbadiin Tasikmadu Kota Malang yang terbentuk dari
upaya tersebut adalah. 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), berdoa bersama, sholat
dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, muraja‟ah hafalan, dan manasik haji. Nilai karakter yang
ditanamkan melalui kegiatan keagamaan yaitu nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab