Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Menurut Metode Bina Marga Dan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Batas Kota Malang -Turen)
Abstract
Ruas Jalan Batas Kota Malang-Turen Kabupaten Malang mengalami banyak
kerusakan jalan, bertambahnya volume kendaraan dan merupakan jalan utama.
Sehingga perlu dilakukanya penilaian kondisi jalan. Metode penelitian ini untuk
mendapatkan nilai kondisi serta pemeliharaan jalan dengan menggunakan 2
metode yaitu metode Bina marga, dan metode PCI. Dari hasil analisis ini Jenis
kerusakan jalan yang medominasi pada ruas jalan yaitu kerusakan tambalan
sebesar 21 %. Nilai kerusakan terbesar Metode Bina Marga sebesar 10 terjadi
pada STA 3500-4000, dan nilai terkecil sebesar 6 pada STA 7500-8000, 8000-
8500, 14000-14500, 15500-16000, sedangkan kerusakan terbesar nilai PCI 100
terjadi pada STA 2000-2500, 2500-3000, 3000-3500, dan nilai terkecil sebesar
70 pada STA 11000-11500. Bahwa pada ruas jalan batas Kota Malang-Turen
Kabupaten Malang sebesar 7 dalam kategori rusak ringan, sedangkan metode
PCI nilai kondisinya sebesar 88,7 dalam kategori sempurna, maka keduanya
membutuhkkan pemeliharaan rutin dan rentan waktu yang digunakan yaitu
pemeliharaan jangka menengah (taktis).