Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyo, Ikra
dc.date.accessioned2021-03-09T06:32:12Z
dc.date.available2021-03-09T06:32:12Z
dc.date.issued2021-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1758
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dilakukan oleh peneliti dengan pendidik matematika kelas VIII SMP Islam 1 Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan koneksi matematika peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pendidik bidang studi matematika masih kurang dalam penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang begitu efektif. Dari pertimbangan tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan media GeoField. penggunaan model pembelajaran dan media tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi lingkaran pada kelas VIII di SMP Islam 1 Batu tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media GeoField dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi lingkaran kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitatif sebagai pendukung dari pendekatan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung pada bulan Januari-Februari 2020 di SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII B dengan jumlah 24 peserta didik. Selain itu data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara catatan lapangan serta respon peserta didik selama proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif yaitu analisis hasil tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media GeoField mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik kelas VIII SMP. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Observasi kegiatan pendidik pada siklus I menunjukkan persentase 78,21%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan persentase sebesar 81,795%; (2) Observasi kegiatan peserta didik pada siklus I menunjukkan persentase 74,995%, sedangkan pada siklus II persentase menunjukkan peningkatan yaitu 81,17%; (3) Hasil tes yang dilakukan setiap akhir siklus persentase pada tes akhir siklus I yaitu 58,33%, sedangkan hasil pada tes akhir siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83,33%; (4) Hasil respon wawancara terhadap peserta didik, diperoleh pada siklus I persentase sebesar 50%, sedangkan respon peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 66,67%. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media GeoField mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematika pada materi lingkaran peserta didik kelas VIII B SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari pada hasil siklus II yang telah mencapai semua indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKoneksi Matematisen_US
dc.subjectModel Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)en_US
dc.subjectGeoFielden_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Media Geofield Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Islam 1 Batu Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record