dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dilakukan
oleh peneliti dengan pendidik matematika kelas VIII SMP Islam 1 Batu, diperoleh
informasi bahwa kemampuan koneksi matematika peserta didik masih tergolong
rendah. Hal ini dikarenakan pendidik bidang studi matematika masih kurang
dalam penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran sehingga
pembelajaran kurang begitu efektif. Dari pertimbangan tersebut, maka peneliti
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan
media GeoField. penggunaan model pembelajaran dan media tersebut diharapkan
dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi
lingkaran pada kelas VIII di SMP Islam 1 Batu tahun Pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media
GeoField dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik
pada materi lingkaran kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitatif sebagai
pendukung dari pendekatan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK).
Pada penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus
terdapat 4 tahap kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini berlangsung pada bulan Januari-Februari 2020 di SMP Islam 1 Batu
tahun pelajaran 2019/2020. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VIII B dengan jumlah 24 peserta didik. Selain itu data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh
dari hasil observasi, wawancara catatan lapangan serta respon peserta didik
selama proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif yaitu analisis hasil tes
akhir.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
berbantuan media GeoField mampu meningkatkan kemampuan koneksi
matematika peserta didik kelas VIII SMP. Adapun hasil dalam penelitian ini
adalah sebagai berikut: (1) Observasi kegiatan pendidik pada siklus I
menunjukkan persentase 78,21%, sedangkan pada siklus II menunjukkan
peningkatan persentase sebesar 81,795%; (2) Observasi kegiatan peserta didik
pada siklus I menunjukkan persentase 74,995%, sedangkan pada siklus II
persentase menunjukkan peningkatan yaitu 81,17%; (3) Hasil tes yang dilakukan
setiap akhir siklus persentase pada tes akhir siklus I yaitu 58,33%, sedangkan hasil
pada tes akhir siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar
83,33%; (4) Hasil respon wawancara terhadap peserta didik, diperoleh pada siklus
I persentase sebesar 50%, sedangkan respon peserta didik pada siklus II
meningkat menjadi 66,67%.
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan
media GeoField mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematika pada
materi lingkaran peserta didik kelas VIII B SMP Islam 1 Batu tahun pelajaran
2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari pada hasil siklus II yang telah mencapai
semua indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. | en_US |