Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyoningsih, Luluk Sri Agus
dc.date.accessioned2021-10-11T07:35:59Z
dc.date.available2021-10-11T07:35:59Z
dc.date.issued2015-09
dc.identifier.isbn978-602-17923-7-7
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1935
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article From: Surya Pena Gemilang Malang Jawa Timuren_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengeksplanasikan tindak bahasa terapi dalam intervensi anak autis spektrum perilaku dengan gangguan pragmatik dilihat dari segi pola, jenis, dan strategi komunikasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah anak autis spektrum perilaku yang memiliki karakteristik khusus, yaitu tipe hipoaktif dan hiperaktif yang mengalami gangguan pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. (1) Dalam intervensi anak autis gangguan perilaku dengan menggunakan metode Applied Behavior Analysis (ABA), terapis menggunakan pola komunikasi satu arah. (2) Jenis tindak komunikasi meliputi tindak verbal dan nonverbal. Tindak verbal, berupa tindak ilokusi terapis meliputi tindak perintah, larangan atau penolakan, pertanyaan, persetujuan, pernyataan, penjelasan, dan penghargaan atau pujian. Tindak nonverbal meliputi gestur tangan, gerakan kepala, dan ekspresi muka. (3) Strategi tindak verbal terapis dilakukan melalui strategi bertutur langsung. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak bahasa terapis dalam intervensi anak autis spektrum perilaku yang mengalami gangguan pragmatik dilakukan dengan tindak komunikasi terbatas dan pola sederhana dengan strategi langsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSurya Pena Gemilang Malang Jawa Timuren_US
dc.subjecttindak bahasa terapis, intervensi, autis spektrum perilaku, gangguan pragmatiken_US
dc.titleTINDAK BAHASA TERAPIS (GURU) DALAM INTERVENSI ANAK AUTIS SPEKTRUM PERILAKUen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record