dc.description.abstract | Struktur masyarakat kota Balikpapan yang beragam berkonsekuensi terhadap
institusi pendidikan di wilayah kota ini. Begitupula keragaman yang terjadi di SMK
Negeri 1 Balikpapan dan SMA Patra Dharma Balikpapan, bertalian erat dengan
keadaan masyarakat kota Balikpapan. Keragaman tersebut menyangkut etnis,
budaya, ekonomi, dan agama. Dengan tingkat keragaman yang begitu kompleks
maka dikhawatirkan adanya konflik sosial yang bernuansa sara. Terbukti pada
tahun 2013 terjadi konflik yang melibatkan ormas GEPAK ( Gerakan Pemuda
Kalimantan) dan ormas LAGALIGO, yang mewadahi kelompok etnis Bugis.
Pengalaman ini menjadi pelajaran untuk merekatkan kebersamaan dalam
keragaman melalui implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudian dideskripsikan dan
diinterpretasikan, pertama; nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural yang
dikembangkan di SMK Negeri 1, dan SMK Patra Dharma Balikpapan, kedua,
proses implementasi nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural yang dikembangkan
di SMK Negeri 1, dan SMK Patra Dharma Balikpapan, ketiga, model implementasi
nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural yang dikembangkan di SMK Negeri 1,
dan SMK Patra Dharma Balikpapan.
Dari jenis dan pendekatan penelitian ini adalah, jenisnya fenomenologi
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi,
wawancara mendalam (indept interview), dan analisa dokumen. Sementara untuk
menganalisa data teknik yang digunakan adalah analisa Jonathan A Smith.
Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball
sampling. Selanjutnya teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik
triangulasi sumber, metode, dan teori.
Hasil dari penelitian ini adalah: nilai-nilai pendidikan Islam multikultural
yang dikembangkan di sekolah meliputi: 1) As-samhiyah (toleransi), 2) Al-
Musawwa (persamaan hak), 3) Tawazzun (kesetaraan), 4) Ta’awun (tolong
menolong), 5) Humanis, 6) Demokratis, dan 7) Keadilan.
Sementara proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural
adalah melalui; 1) perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, dalam merumuskan
visi, misi dan tujuan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural sebagai konsep dasar
perencanaannya. 2) proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran nilai-nilai
pendidikan Islam multikultural diakomodir secara inklusif dalam ranah kognitif,
afektif dan keterampilan peserta didik. 3) Kegiatan keagamaan, melalui kegiatan
keagamaan sebagai sarana dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam
multikultural. 4) Kegiatan sosial, untuk menumbuhkan kebersamaan dalam
keragaman di SMK Negeri 1 Balikpapan rukun sosial sebagai wadah untuk
menyatukan kepedulian terhadap sesama dengan menyisihkan pendapatannya,
untuk disalurkan kepada pihak yang lemah ekonomi. Sementara untuk di SMA
Patra Dharma Balikpapan dalam menyatukan kebersamaan dalam keragaman
disatukan melalui bagawi basamaan. | en_US |