View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Tai (Team Assisted Individualization) Siswa Kelas Viii Smp I Pekat Dompu Ntb

Thumbnail
View/Open
FAUJIAH_21501071095.pdf (1.579Mb)
Date
2020-04-23
Author
Faujiah
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan teknik TAI (Team Assisted Individualition) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Pekat Dompu NTB. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas. Menurut Arikunto, (2008:18) penelitian tindakan kelas terditi dari empat tahapan yang lazim dilalui, yaitu.(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Pekat Dompu NTB yang berjumlah 21 orang. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah rancangan pembelajaran, tes menulis puisi, format observasi, format wawancara, format dokumentasi kegiatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu (1) tes yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang menulis puisi dalam ketuntasan belajar siswa, (2) observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru, (3) wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan menulis siswa. Wawancara yaitu suatu proses percakapan yang tujuannya mengunpulkan dan memperkaya informasi. (4) dokumentasi kegiatan dilakukan untuk mengumpulkan data antara lain tentang perencanaan pembelajaran yang dibuat guru dan penilaian hasil pembelajaran menulis puisi dan foto berupa aktivitas selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisisi data yang terdiri dari beberapa tahapan, antara lain (1) penyajian data yaitu mendeskripsikan data dala bentuk uraian singkat, dan (2) penarikan kesimpulan. Adapun proses peningkatan menulis puisi dengan menggunakan teknik pendekatan TAI (Team Assisted Individualition), pada kelas VIIIB SMP Negeri I Pekat Dompu NTB. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan dari setiap siklus dan analisis data pada sklus I adalah sebagian berikut (1) tahap prapenulisan, siswa belum dapat memahami unsur-unsur puisi secara menyeluruh, (2) tahap penulisan, pembuatan judul puisi dengan teknik TAI masih kurang karena siswa masih belum mampu mengembangkan tulisan dengan baik, (3) tahap pasca penulisan, pembacaan puisi yang dilakukan siswa kurang karena ada sebagian siswa yang masih malu-malu dalam membacakan puisi di depan teman-temanny. Hasil tes ahir menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 62 sehingga hasil analisis data siklus I masih belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan kriteria yang di tetapkan masih banyak kekurangan dengan kata lain masih perlu perbaikan pada siklus II. Adapun hasil analisis data pada siklus II, adapun hasil analisis data pada siklus II, adalah sebaagai berikut (1) tahap prapenulisan, hasilnya meningkat sehingga penulisan siswa dapat memahami secara menyeluruh, (2) tahap penulisan, hasilnya meningkat sehingga penulisan siswa sangat baik karena siswa sudah mampu membuat puisi dengan pendekatan teknik TAI, dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan penggunaan majas yang baik, (3) tahap pasca penulisan, hasil anaisis meningat karena siswa sudah tidak mau-malu untuk membacakan puisi yang telah ditulisnya didepan temantemannya, seperti pada pada siklus I. hasil tes akhir menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 100% sehingga analisis data pada pada siklus II sudah mencapai KKM dan kriteria yang ditetapkan. Berdasarkan analisis kedua siklus tersebut, maka terlihat bahwa hasil pelaksanaan tindakan siklus II mengalami peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Pekat Dompu NTB.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2124
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group