Implementasi Nilai Nilai Pendidikan Islam Multikultural (Studi Multisitus tentang Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember dan Sekolah Dasar Katolik Santo Yusuf Sukoreno)
Abstract
Lembaga pendidikan yang memiliki keragaman kultur, budaya dan agama, seperti SD Pelita Hati Jember dan SDK ST Yusuf Sukoreno, bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan anugerah dan peluang sebagai sarana belajar toleransi dan menghargai keberagaman, namun disisi lain jika tidak dikelola dengan baik, keberagaman tersebut justru akan menjadi sumber perpecahan dan pemantik terjadinya konflik. Oleh karena itu pembelajaran yang dilaksanakan dalam lembaga tersebut perlu memberikan pemahaman nilai nilai multikultural sebagai upaya mendidik peserta didik menjadi pribadi yang toleran, menghargai perbedaan dan dapat hidup bersama dalam keberagaman.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan memberikan interpretasi terhadap nilai nilai pendidikan Islam multikultural, implementasi nilai nilai pendidikan Islam multikultural dalam pembelajaran PAI, serta model implementasi nilai nilai pendidikan Islam multikltural dalam pembelajaran PAI di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan menafsirkan dokumen tarkait. Sedangkan analisis data menggunakan Analysis Kasus milik Robert K Yin yang memuat lima fase analisis yaitu : (1) Compiling, (2) Disassembling, (3) Reassembling (and Arraying), (4) Interpreting, and (5) Concluding. Kemudian melakukan analisis lintas situs dengan cara membandingkan dan memadukan temuan yang diperoleh dari masing-masing situs
Hasil dari penelitian ini menunjukan Pertama : Nilai nilai pendidikan Islam multikultural yang terdapat pada kedua situs penelitian antara lain ; Nilai toleransi, nilai inklusif, nilai tolong menolong, nilai keadilan, nilai relegius, nilai keberagaman, nilai kebersamaan, nilai kesetaraan, nilai demokrasi, nilai silaturrohmi dan nilai kerukunan dan harmoni. Kedua : Proses implementasi nilai pendidikan Islam multikultural dalam pembelajaran PAI adalah sebagai berikut : a) Mengintegrasikan nilai nilai multikultural dalam visi, misi, dan tujuan sekolah, mengintegrasikan nilai nilai multikultural dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Silabus PAI, dan dalam pengembangan Rencana Pengembanagn Pembelajaran PAI. b) Dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan aditif yaitu dengan memasukan materi, konsep dan tema tentang multikultural, pendekatan transformatif yaitu menumbuhkan kompetensi dasar siswa dalam melihat konsep, materi dan tema tersebut dari berbagai sudut pandang etnis dan agama, dan pendekatan aksi sosial yaitu dengan membuat aksi tentang tema, konsep dan materi tersebut dalam bentuk kegiatan nyata seperti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. c) Dalam pembelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran yang demokratis, yaitu dengan menggunakan beragam strategi pembelajaran seperti dialog, simulasi dan bermain peran, menggunakan metode keteladanan, yaitu secara langsung memberikan penerapan nilai nilai multikultural di sekolah dan metode mudzakaroh yaitu saling mengingatkan terhadap kewajiban dan tanggung jawab. d) Evaluasi pembelajaran mencakup pada tiga ranah penilaian yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah ketrampilan. e) Mempraktikkan pembelajaran nilai nilai multikultural dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial yang diadakan oleh sekolah. Ketiga : Model implementasi nilai pendidikan Islam multikultural dalam pembelajaran PAI adalah “Integrated-Multicultural Practice Model” dimana model ini adalah dengan cara mengintegrasikan nilai nilai multikultural kedalam visi, misi, tujuan sekolah, silabus, RPP, pelaksanaan pembelajaran yang mencakup pendekatan, metode dan penggunaan media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Kemudian mempraktekkanya dalam berbagai kegiatan sekolah dalam bentuk kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial
Kata Kunci : Implementasi, Nilai Multikultural, Pembelajaran PAI