Mewujudkan Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural (Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah
dc.date.accessioned 2021-10-27T03:20:53Z
dc.date.available 2021-10-27T03:20:53Z
dc.date.issued 2021-07-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2199
dc.description.abstract Sekolah Menengah Atas Sultan Iskandar Muda kota Medan di bawah naungan Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda yang terletak di jalan Tengku Amir Hamzah Pekan I Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kotamadya Medan. Sekolah SMA Sultan Iskandar Muda memiliki keunikan tersendiri seperti 1) Religion: agama yang diakui oleh pemerintah seperti Islam 43%, Kristen 40%, Budha 15 % dan 2% Hindu ada di sekolah ini, selanjutnya Masjid, Gereja, Pura, serta Kuil dibangun secara permanen di sekolah ini. 2) Culture: kemajemukan bahasa, tradisi, nilai, keyakinan, mitos, norma, dan berbagai suku seperti suku Batak 39%, Jawa 22%, Tionghoa 14%, Tamil 6%, Mandailing 4%, Melayu 3%, Karo 3%, Aceh 3%, Padang 2%, Nias 2%, 2% sisanya Sunda, Banten Palembang, Ambon dan Pakistan ada di sekolah ini. 3) Economic: warga sekolah SMA Sultan Iskandar Muda memiliki berbagai tingkatan status sosial ekonomi, seperti anak asuh atau anak kurang mampu, anak orang mampu dan donatur. Penelitian ini bertujuan pertama: mendeskripsikan nilai-nilai moderasi pendidikan Islam yang dibudayakan di sekolah, kedua proses mewujudkan nilainilai moderasi pendidikan Islam melalui budaya sekolah multikultural, ketiga menemukan model mewujudkan nilai-nilai moderasi pendidikan Islam melalui budaya sekolah multikultural di sekolah SMA Sultan Iskandar Muda kota Medan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan etnografi realis Crasswell. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis J.Spreadly, yang melakukan analisis dengan empat langkah yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Kelanjutnya teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai moderasi pendidikan Islam yang dibudayakan di sekolah di SMA Sultan Iskandar Muda adalah nilai (1) terbuka, (2) dialog, (3) toleransi, (4) komitmen kebangsaan, (5) anti kekerasan, (6) akomodatif terhadap budaya lokal, (7) bersikap dan berperilaku tidak ekstrem, (8) bersikap ditengah-tengah, (9) berlaku adil, (10) kesalehan sosial, dan (11) kesetaraan gender. Pengembangan teori dari fokus penelitian ini adalah nilai kesalehan sosial dan kesetaraan gender. 2) proses mewujudkan nilai-nilai moderasi pendidikan Islam melalui budaya sekolah multikultural di SMA Sultan Iskandar Muda terlihat di visi dan misi sekolah lalu mengalir kekebijakan, peraturan sekolah serta ke kurikulum. Proses mewujudkan nilai-nilai moderasi pendidikan Islam melalui kegiatan: (1) kelas bersama, (2) desain kelas, (3) proses pembelajaran, (4) perayaan hari besar keagamaan, (5) sarana dan prasarana, (6) diseminasi multikultural, (7) ekstrakurikuler, (8) tradisi kepemimpinan, (9) tradisi bakti sosial, (10) upacara bendera. 3) model mewujudkan nilai-nilai moderasi pendidikan Islam melalui budaya sekolah multikultural di sekolah SMA Sultan Iskandar Muda, berdasarkan data dan analisis peneliti terdapat tiga model yang peneliti namakan cross culture religion meliputi lintas budaya, suku, bahasa, keyakinan, agama, dan lintas status sosial. Cross leadership religion, menekankan pada lintas kepemimpinan yang tanpa melihat perbedaan suku, agama, bahasa, budaya keyakinan dan lain sebagainya yang hal tersebut melekat pada setiap individu. Cross culture parenting merupakan program pendidikan yang membatu anak-anak yang kurang mampu untuk bersekolah secara gratis, dengan harapan akan menghilangkan sikap prejudice dan stereotype di kalangan warga sekolah SMA Sultan Iskandar Muda. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Islam Multikultural en_US
dc.subject Perilaku Moderat en_US
dc.title Mewujudkan Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural (Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account