Show simple item record

dc.contributor.authorUbaidillah
dc.date.accessioned2021-10-27T03:27:36Z
dc.date.available2021-10-27T03:27:36Z
dc.date.issued2021-03-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2201
dc.description.abstractTengger merupakan salah satu suku di Indonesia yang terkenal dengan keragamannya. Sebagian besar orang Tengger memisahkan konsep dan pelaksanaan ritual agama dan adat, namun dalam beberapa kategori dan praktik tertentu juga dengan memadukan antara agama dan adat. Hal ini menarik dari segi pendidikan Islam multikulturalisme. Agama yang dianut juga beragam, sampai saat ini Hindu dan Islam adalah agama mayoritas, sisanya agama lain. Bukan hanya itu, kemajemukan bahasa, tradisi, nilai, mitos dan norma juga eksis di masyarakat Tengger, khususnya di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan 1). Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang terkandung dalam budaya Lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, 2). Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam budaya Lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. 3). Mendeskripsikan, menganalisis dan mengembangkan model penerapan pendidikan Pendidikan Islam Multikultural berbasis budaya lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi realis Cresswell. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis Spreadly, yang melakukan analisis dengan empat langkah yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Kelanjutannya teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini adalah 1). Nilai-nilai pendidikan Islam Multikultural budaya Tengger di Sapikerep yaitu a). Saling menghargai dan menghormati, b). Saling menasehati, c). Tolongmenolong, d). Gotong-royong dan e). Menjaga kebersihan. 2). Penerapan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Budaya Lokal Masyarakat Tengger diwujudkan dengan adanya upacara-upacara suku Tengger, seperti upacara Kasada, upacara Karo, Unan-Unan dan lain-lain. 3) Model penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada budaya lokal suku Tengger adalah model asimilasi berbasis AGIL (adaptation, goal attainment, integrating, dan latency)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBudaya Lokalen_US
dc.subjectSolidaritas Sosialen_US
dc.titlePenerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural Dalam Budaya Lokal Masyarakat Tengger (Sudy Etnografi di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggi Tahun 2021)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record