View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural Dalam Budaya Lokal Masyarakat Tengger (Sudy Etnografi di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggi Tahun 2021)

Thumbnail
View/Open
S3_Pascasarjana_PAI Multikultural_21803011004_Ubaidillah.pdf (2.857Mb)
Date
2021-03-14
Author
Ubaidillah
Metadata
Show full item record
Abstract
Tengger merupakan salah satu suku di Indonesia yang terkenal dengan keragamannya. Sebagian besar orang Tengger memisahkan konsep dan pelaksanaan ritual agama dan adat, namun dalam beberapa kategori dan praktik tertentu juga dengan memadukan antara agama dan adat. Hal ini menarik dari segi pendidikan Islam multikulturalisme. Agama yang dianut juga beragam, sampai saat ini Hindu dan Islam adalah agama mayoritas, sisanya agama lain. Bukan hanya itu, kemajemukan bahasa, tradisi, nilai, mitos dan norma juga eksis di masyarakat Tengger, khususnya di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan 1). Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang terkandung dalam budaya Lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, 2). Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam budaya Lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. 3). Mendeskripsikan, menganalisis dan mengembangkan model penerapan pendidikan Pendidikan Islam Multikultural berbasis budaya lokal masyarakat Suku Tengger di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi realis Cresswell. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis Spreadly, yang melakukan analisis dengan empat langkah yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Kelanjutannya teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini adalah 1). Nilai-nilai pendidikan Islam Multikultural budaya Tengger di Sapikerep yaitu a). Saling menghargai dan menghormati, b). Saling menasehati, c). Tolongmenolong, d). Gotong-royong dan e). Menjaga kebersihan. 2). Penerapan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Budaya Lokal Masyarakat Tengger diwujudkan dengan adanya upacara-upacara suku Tengger, seperti upacara Kasada, upacara Karo, Unan-Unan dan lain-lain. 3) Model penerapan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada budaya lokal suku Tengger adalah model asimilasi berbasis AGIL (adaptation, goal attainment, integrating, dan latency)
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2201
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group