Show simple item record

dc.contributor.authorChotib, Romadlon
dc.date.accessioned2021-10-28T02:18:03Z
dc.date.available2021-10-28T02:18:03Z
dc.date.issued2021-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2207
dc.description.abstractTasamuh adalah bagian dari sikap terpuji dalam pergaulan, saling menghargai dan menghormati, dan toleransi antara satu dengan yang lainnya mulai dari pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, maupun keyakinan. Dengan tasamuh akan bisa lebih menghargai perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat, atau bangsa, terutama di negara yang memliki budaya majmuk Indenesia. Tasamuh adalah sikap yang sangat ditekankan dalam Islam, Jika tasamuh pendidikan Islam multikultural ini diterapkan dalam bahtsul masail, maka dapat menjadi sebuah khazanah keilmuan yang konferhensip Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk mendiskripsikan, menganalisis, memberikan interpretasi tentang; nilai-nilai tasamuh pendidikan Islam multicultural dalam bahtsul masail, bentuk perilaku tasamuh Pendidikan Islam multicultural dalam bahtsul masail, dan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang dapat meneguhkan perilaku tasamuh di Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Uama Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis etnografi, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisisnya dengan teori Miles dan Huberman yaitu yang disebut dengan reduksi data, Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan diskriptif-kualiatif, kemudian diadakan perumusan kesimpulan secara deduktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunkan teknik triangulasi, memeber check, dan diskusi dengan kolega. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, Nilai-nilai tasamuh Pendidikan Islam multicultural dapat dibuktikan dalam bentuk : toleransi, ta’awwun (tolong menolong), sabar dan pemaaf, samahah (ramah dan lemah lembut), mudah menerima dan menghormati orang lain, serta tetap bergaul dengan cara yang baik walaupun berbeda. Bentuk perilaku tasamuh yang peneliti dapati dalam bahtsul masail berupa; Lapang dada dalam segala perbedaan,menumbuhkan rasa cinta kasih sayang terthadap sesama, menghindarkan diri dari tindakan kekerasan dan kekacauan, meningkatkan derajat manusia, menjaga norma sosial dan adat istiadat, serta menumbuhkan sikap tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang didapati dalam meneguhkan perilaku tasamuh bahtsul masail berupa; pembiasaan diri dengan al-hiwar (dialog berdebat), al-amtsal (perumpamaan dan gambaran), al-ta’awwud (pembiasaan diri), al-uswah (keteladanan), al-ibrah wal-mau’idhah (ibarat dan penalaran), al-targhib wat-tarhib (menyenangkan dan menakut-nakuti), serta dengan solawat dan dzikir.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTasamuh dalam Pendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.titlePerilaku Tasamuh Perspektif Pendidikan Islam Multikultural di Lembaga Bahtsul Masail Nahdlaul Ulama Jawa Timuren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record