View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perilaku Tasamuh Perspektif Pendidikan Islam Multikultural di Lembaga Bahtsul Masail Nahdlaul Ulama Jawa Timur

Thumbnail
View/Open
S3_PAIMULTIKULTURAL_21503011019_ROMADLON-CHOTIB.pdf (2.688Mb)
Date
2021-01-22
Author
Chotib, Romadlon
Metadata
Show full item record
Abstract
Tasamuh adalah bagian dari sikap terpuji dalam pergaulan, saling menghargai dan menghormati, dan toleransi antara satu dengan yang lainnya mulai dari pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, maupun keyakinan. Dengan tasamuh akan bisa lebih menghargai perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat, atau bangsa, terutama di negara yang memliki budaya majmuk Indenesia. Tasamuh adalah sikap yang sangat ditekankan dalam Islam, Jika tasamuh pendidikan Islam multikultural ini diterapkan dalam bahtsul masail, maka dapat menjadi sebuah khazanah keilmuan yang konferhensip Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk mendiskripsikan, menganalisis, memberikan interpretasi tentang; nilai-nilai tasamuh pendidikan Islam multicultural dalam bahtsul masail, bentuk perilaku tasamuh Pendidikan Islam multicultural dalam bahtsul masail, dan nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang dapat meneguhkan perilaku tasamuh di Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Uama Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis etnografi, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisisnya dengan teori Miles dan Huberman yaitu yang disebut dengan reduksi data, Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan diskriptif-kualiatif, kemudian diadakan perumusan kesimpulan secara deduktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunkan teknik triangulasi, memeber check, dan diskusi dengan kolega. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, Nilai-nilai tasamuh Pendidikan Islam multicultural dapat dibuktikan dalam bentuk : toleransi, ta’awwun (tolong menolong), sabar dan pemaaf, samahah (ramah dan lemah lembut), mudah menerima dan menghormati orang lain, serta tetap bergaul dengan cara yang baik walaupun berbeda. Bentuk perilaku tasamuh yang peneliti dapati dalam bahtsul masail berupa; Lapang dada dalam segala perbedaan,menumbuhkan rasa cinta kasih sayang terthadap sesama, menghindarkan diri dari tindakan kekerasan dan kekacauan, meningkatkan derajat manusia, menjaga norma sosial dan adat istiadat, serta menumbuhkan sikap tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang didapati dalam meneguhkan perilaku tasamuh bahtsul masail berupa; pembiasaan diri dengan al-hiwar (dialog berdebat), al-amtsal (perumpamaan dan gambaran), al-ta’awwud (pembiasaan diri), al-uswah (keteladanan), al-ibrah wal-mau’idhah (ibarat dan penalaran), al-targhib wat-tarhib (menyenangkan dan menakut-nakuti), serta dengan solawat dan dzikir.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2207
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group