Pengaruh Vlogger Review dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kosmetik Wardah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh vlogger review dan celebrity endorser terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 170 responden. Data yang dikumpulkan dioalah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan Software SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vlogger review berpengaruh signifikan terhadap brand image, celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap brand image, vlogger review berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, brand image mampu menjadi mediasi pada pengaruh Vlogger review terhadap purchase intention, brand image mampu menjadi mediasi pada pengaruh Celebrity endorser terhadap purchase intention.
Kata Kunci: Vlogger Review, Celebrity Endorser, Brand Image, Purchase Intention.