Pendampingan Deteksi Dini Dyscalculia Bagi Siswa SD Pisang Candi 3 Kota Malang
Date
2021-08-24Author
Faradiba, Surya Sari
Hasana, Siti Nurul
Sari, Okta Pita Dian
Metadata
Show full item recordAbstract
Ditandai dengan kinerja aritmatika yang buruk, dyscalculia memiliki efek negatif pada karir serta
kesehatan mental dan fisik individu Dari 40 siswa di SDN Pisang Candi 3 Kota Malang yang mengalami
kesulitan dalam pelajaran Matematika, terdapat 13 orang siswa yang prestasi matematikanya tidak
mengalami peningkatan meskipun telah diberikan jam belajar tambahan dalam bimbingan guru kelas
masing-masing. Selanjutnya, 13 siswa ini diberikan pendampingan oleh tim pengabdi bekerja sama
dengan para guru kelas masing-masing. Pendampingan yang dilakukan terdiri dari lima materi meliputi:
(a) simple reaction time; (b) dot enumeration; (c) numerical stroop; (d) addition; dan (e) multiplication.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung sejak tanggal 9 - 27 Februari 2021. Kegiatan
dilaksanakan secara blended, dengan memadukan kegiatan daring dan luring dengan menerapkan
protokol kesehatan yang ketat. Secara umum, siswa yang mengikuti kegiatan deteksi dini dyscalculia
dapat diidentifikasi menjadi tiga kelompok besar, yaitu: empat orang siswa yang mengalami kesulitan
dalam memahami konsep bilangan (number), dua orang siswa yang mengalami masalah dalam
berhitung (counting), dan tujuh orang siswa yang mengalami masalah dalam ketrampilan aritmatika.
URI
https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/237http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2281