Pelatihan dan Pendampingan Deteksi Dini Dyscalculia pada Guru Menggunakan Dyscalculia Detection Card (DDC)
View/ Open
Date
2021-08-12Author
Faradiba, Surya Sari
Hasana, Siti Nurul
Sari, Okta Pita Dian
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan
pengetahuan tentang dyscalculia pada guru SDN Pisang Candi 3
Malang. Kegiatan pengabdian terdiri dari pelatihan dan
pendampingan. Materi pelatihan yang diberikan meliputi diagnosis
Dyscalculia berdasarkan DSM V, ciri-ciri umum siswa dengan
dyscalculia, dan terapi tindak lanjut bagi siswa dyscalculia.
Sementara itu, materi pendampingan terkait deteksi dini dyscalculia
dengan bantuan Dyscalculia Detection Card (DDC) yang telah
dikembangkan oleh tim pengabdi. DDC merupakan flash card yang
terdiri dari 5 seri, meliputi: (1) kemampuan membedakan kanan dan
kiri; (2) pemahaman prinsip kardinalitas; (3) pemahaman konsep
lebih dari, kurang dari dan sama dengan; (4) kemampuan melakukan
operasi penjumlahan dan pengurangan sederhana; (5) kemampuan
melakukan operasi perkalian dasar. Siswa yang membutuhkan tindak
lanjut adalah siswa yang tidak memenuhi kriteria skor lebih dari 75
dalam tiga kali tes yang dilaksanakan dalam kondisi lingkungan yang
berbeda. Hasil dari kegiatan ini, 13 orang guru yang telah mengikuti
pelatihan dan pendampingan mampu praktik deteksi dini dyscalculia
pada 35 siswa, dimana 4 orang siswa diantaranya membutuhkan
tindak lanjut karena menunjukkan tanda-tanda awal dyscalculia.
URI
https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/1091http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2284