Konsep Pendidikan Khuluqiyah dalam Prespektif Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abna’ untuk Menanggapi Pendidikan Era Industri 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam
pengetahuan akhlak dalam kitab washoya al-abaa’ lil abna’ karya
Syekh Muhammad Syakir, jenis penelitian ini adalah penelitian
kepustakaan, model pengumpulan data menggunakan metode
interaktif dengan mengumpulkan sumber primer dan sekunder
sebelum melakukan penyajian data. Hasil dari penelitian ini
bahwa kitab washoya al-abaa’ lil abna’ karya Syekh Muhammad Syakir
memberikan pencerahan tentang nilai-nilai moral yang
terklasifikasikan menjadi 4 bagian, di antaranya: akhlak kepada
Allah, akhlak kepada sesama manusia, akhlak kepada diri sendiri
dan tata cara anak dalam berakhlak, selain dari pada itu kitab ini
96 Bahroin - Konsep Pendidikan Khuluqiyah dalam Prespektif Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abna’
memiliki konsep pendidikan moral yang dapat menuntun dan
membimbing sekaligus menguatkan moral pesarta didik di
pendidikan era 4.0.
URI
https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/61http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2334