Show simple item record

dc.contributor.authorMusyarrofah, Sayyidatul
dc.date.accessioned2021-11-19T01:54:29Z
dc.date.available2021-11-19T01:54:29Z
dc.date.issued2021-12-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2588
dc.description.abstractPada bulan maret 2020, dunia termasuk Indonesia telah dikejutkan dengan adanya corona virus desiase 2019 (Covid-19) atau lebih dikenal sebagai virus corona, yang memaksa pada siapapun di institusi pendidikan untuk menyesuaikan pembelajaran agar proses belajar tetap berjalan, meskipun dengan tempat, waktu, serta kondisi yang tidak menentu. Pada kali ini di lembaga Roudlotul Athfal Muslimat Nu 15 telah ditemukan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi pandemi saat ini, yaitu melalui daring, sebagai salah satu kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk dilakukan di rumah bersama orang tua. Namun masih ada keluhan dari guru dalam penilaian anak karena ada beberapa orang tua ditadak sesuai waktunya dalam pengiriman hasil belajar anak yang diberikan guru. Dari latar belakang penelitian di atas, maka peneliti menentukan fokus penelitian, yaitu bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring, pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring, faktaor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring, mendeskripsikan pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring, mendeskripsikan faktaor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data diambil dengan perpanjangan pengamatan, pembahasan sejawat, dan triangulasi. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian yang didapatkan, bahwa pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di Roudlotul Athfal Muslimat Nu 15 sudah terlaksana cukup baik, karena kerjasama guru dan orang tua yang sudah berjalan denagan baik. anak didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang di butuhkan, hal ini menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan orang tua dan anak didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar. Namun pembelajaran daring di Roudlotul Athfal Muslimat Nu 15 memiliki kendala dalam pelaksanaannya Latar belakang orang tua, Tingkat ekonomi orang tua, Jenis pekerjaan orang tua, Waktu yang tersedia. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah kepala sekolah lebih memperhatikan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran anak saat dirumah. Guru lebih mengembangkan pembelajaran agar dapat membuat kondisi belajar tetap efektif walaupun dilaksanakan dalam jarak jauh, lebih sering berkomunikasi dengan anak didik dan orang tua. Anak didik lebih sering diberi motivasi dalam belajar dirumah agar dalam pelaksanaan pembelajaran tetap memiliki semangat dan tanggung jawab dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectKerjasamaen_US
dc.subjectRA M NU 15en_US
dc.subjectOrang Tuaen_US
dc.titleKerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Roudlotul Athfal Muslimat Nu 15, Sukun Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record