Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan datanya. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden. Data diolah menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Strategi Promosi berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan pelanggan (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan pelanggan (3) Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan (4) Strategi Promosi berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas pelanggan (5) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas pelanggan (6) Strategi Promosi tidak berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (7) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan melalui Kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan