View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - English Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - English Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Teachers’ Reflective Practice in Online Teaching During Pandemic: The Case of Indonesia

Thumbnail
View/Open
S2_PASCASARJANA_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS_21902073054_Naili Zaqiya.pdf (1.666Mb)
Date
2021-07-15
Author
Zaqiya, Naili
Metadata
Show full item record
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda hampir setiap negara di dunia termasuk Indonesia menjadi bahan perdebatan publik. Pendidikan dan komponennya merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak oleh virus Corona. Untuk menghindari penyebaran virus corona, hampir semua siswa di berbagai negara di dunia melakukan pembelajaran online di rumah masing-masing. Sebagai contoh, ini merupakan tantangan baru dalam lingkungan pendidikan, dimana guru perlu lebih kreatif dalam mengintegrasikan pembelajaran online agar proses pembelajaran dapat dilakukan secara efisien dan tidak membosankan. Praktik reflektif menjadi bagian penting dari proses belajar mengajar di sekolah. Guru yang melaksanakan refleksi biasanya menggunakan praktik pedagogis sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar untuk mencegah rutinitas mengajar yang gagal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Aspek apa saja yang direfleksi oleh guru selama pembelajaran online. Kedua, Bagaimana pengaruh pengajaran reflektif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif, yang memusatkan perhatian pada gambaran keseluruhan daripada memecahnya menjadi variabel-variabel, peneliti kualitatif berusaha menjelaskan suatu fenomena. Wawancara digunakan sebagai alat utama untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, wawancara ini memberikan wawasan lebih lanjut tentang praktek refleksi guru pada pembelajaran Online di masa pandemi di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek refleksi guru digunakan senagai pembaharuan strategi metode pengajaran dalam proses belajar mengajar untuk membuat suasana kelas lebih efektif dan kondusif. Selain itu, praktek refleksi juga membantu guru untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan performa guru saat melaksanakan pembelajaran online dalam kelas. Keywords: Praktek Refleksi, Pembelajaran Online, Kinerja Guru
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2733
Collections
  • UT - English Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group