Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Wahid Hasyim Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Rahman, Ainur
dc.date.accessioned 2021-12-27T06:44:04Z
dc.date.available 2021-12-27T06:44:04Z
dc.date.issued 2021-06-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2858
dc.description.abstract Pendidikan pada umumnya dilakukan secara tatap muka pada tahun sebelum-sebelumnya. Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah dan pada saat ini pendidikan di Indonesia dikejutkan dengan adanya wabah virus corona dan memberikan banyak sekali dampak dan pengaruh sehingga seluruh pendidikan di Indonesia ini dilakukan dengan pembelajaran daring agar proses pembelajaran bisa efektif. Salah satunya pendidikan yang melakukan pembelajaran daring adalah lembaga pendidikan SMP Wahid Hasyim. Pembelajaran daring guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin dan sekreatif dalam memberikan materi pada peserta didik. Guru dan siswa dapat berkomunikasi melalui jaringan internet meskipun dalam komunikasi bukan secara tatap muka berlangsungan. Tujuan penelitian yang akan dicapai sebagai berikut: 1) Mengdeskripsikan implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahid Hasyim Malang. 2) Faktor apa saja pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahid Hasyim Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Berdasarkan dari fokus penelitian di atas, maka diperoleh hasil penelitian yang pertama pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahid Hasyim yaitu pada model pembelajaran daring yang digunakan adalah video. Video yang akan diberikan kepada siswa meliputi materi dan tugas tertulis dan praktis. Dengan adanya video pembelajaran terdapat ranah dalam pembelajaran yang terdiri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada saat ini mengalami penurunan namun tidak menjadi kendala dalam hasil belajar karena siswa memiliki buku ajar. faktor pendukung hanya mengandung faktor eksternal. Faktor penghambat pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMP Wahid Hasyim adalah internal dan eksternal. en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Wahid Hasyim Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account