Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 SMPN 1 Kepanjen
Abstract
Dalam sebuah proses pembelajaran, pasti ada model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran banyak macamnya sesuai dengan keadaan yang dihadapi oleh pendidik. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Kepanjen yang mengharuskan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh karena adanya Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kepanjen. Serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan sampel sebanyak 50 siswa kelas 8 dari populasi sebanyak 349 siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Kepanjen.
Pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Kepanjen dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger sebagai alat komunikasi dan berdiskusi antara guru dan murid. Prestasi belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Kepanjen didapatkan dari data angket prestasi belajar (Y) 198 jawaban sangat setuju, 875 jawaban setuju, 223 jawaban tidak setuju, dan 4 jawaban sangat tidak setuju.
Dari uji regresi menggunakan SPSS versi 22.0 didapatkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 di SMPN 1 Kepanjen. Berdasarkan nilai t hitung didapatkan nilai sebesar 7,171 > 2,01063 (t tabel) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 di SMPN 1 Kepanjen. Selain itu dari pengujian SPSS didapatkan data koefisien determinasi (R2) sebesar 0.517, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (pembelajaran daring) terhadap variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 51,7% sedangkan sisanya yakni 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel X.