Pengaruh Tingkat Pendidikan, Aksesibilitas Kredit, Kemampuan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan, Serta Minat Penggunaan E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM (Studi pada UMKM di Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikan tingkat pendidikan, aksesibilitas kredit, kemampuan menyusun dan menyajikan laporan keuangan, dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha UMKM di Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 99 pelaku usaha UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan, aksesibilitas kredit, kemampuan menyusun dan menyajikan laporan keuangan, dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja UMKM di kota Malang.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Aksesibilitas Kredit, Laporan Keuangan, E-commerce, Kinerja UMKM