Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Melanjutkan Program Pascasarjana Magister Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Akuntansi Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis pengaruh motivasi, persepsi biaya dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa melanjutkan Program Pasca Sarjana Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi dan sampel tertentu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil penelitian di Fakultas Ekonomi dan Program Studi Akuntansi Bisnis Universitas Islam Malang dan menggunakan kuesioner sebagai dasar pengumpulan informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 semester 8 Fakultas Ekonomi dan Program Studi Akuntansi Bisnis Universitas Islam Malang. dengan sampel sebanyak 68 siswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Taro Yamene yaitu mengambil sampel sesuai dengan ketentuan dan persyaratan sampel tertentu dari populasi yang paling mudah dijangkau dan tersedia. Alat analisis yang digunakan: regresi linier berganda, uji-t, F dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data dapat diperoleh sebagai berikut : Variabel Motivasi , Perceived Costs dan Durasi Pendidikan berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa untuk melanjutkan Program Pasca Sarjana Akuntansi, dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 artinya a hipotesis diterima yang menyatakan Motivasi , Persepsi Biaya dan Lama Pendidikan berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa untuk melanjutkan ke Program Pasca Sarjana Akuntansi.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi Biaya, Lama Pendidikan dan Minat Siswa.