Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Uang Elektronik Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT)
Abstract
Setiap tahunnya total penerbit, uang elektronik, total transaksi dan total
infrastruktur uang elektronik di Indonesia selalu meningkat. Tercatat sampai tahun
2019 terdapat 38 perusahaan penerbit uang elektronik. Dilihat dari potensi
pengguna uang elektronik di masyarakat, maka terdapat gap dengan perilaku
penggunaan uang elektronik tersebut. Oleh karenanya fokus dalam penelitian ini
adalah penggunaan teknologi informasi dengan objek uang elektronik
mengadaptasi model UTAUT untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari
ekspetasi kinerja, ekspetasi usaha, dan pengaruh sosial dan kondisi yang
memfasilitasi terhadap minat menggunakan uang elektronik masyarakat kota
Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Malang dengan 115 sampel dan
melalui metode purposive sampling. Analisis data melalui tahap uji Outer Model
dan Inner Model pada metode analisis Partial Least Square (PLS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekspetasi kinerja,
ekspetasi usaha, pengaruh sosial dan minat perilaku berpengaruh positif terhadap
minat masyarakat kota Malang menggunakan uang elektronik. Manfaat bagi para
stakeholder khususnya pemerintah & perusahaan penyedia jasa untuk selalu
memperluas jaringan Kerjasama dengan merchant-merchant sehingga masyarakat
dapat menggunakan uang elektronik di berbagai tempat.
Kata Kunci : Ekspetasi Kinerja, Ekspetasi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, Minat Perilaku, Perilaku Penggunaan, Uang Elektronik.