Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI di MA Babul Futuh Pandaan
Abstract
Dalam proses belajar mengajar guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam hal keberhasilan siswa, oleh karena itu guru Pendidikan Agama Islam harus mengetahui langkah apa yang terlebih dahulu dilakukan untuk menghadapi siswa dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar. Motivasi yang tinggi pada siswa dalam mengikuti pembelajaran akan menghasilkan aktivitas belajar yang optimal. Dengan adanya motivasi dalam dirinya maka akan timbul rasa semangat untuk belajar. Motivasi siswa akan dapat melaksanaan semua kegiatan belajarnya dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah bosan dengan menghadapi tugas, tekun serta berhasil dalam belajarnya.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana perencanaan guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan? dan (3) Langkah-langkah apa saja untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan. (2) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan dan (3) Mendeskripsikan langkah-langkah apa saja untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Babul Futuh Pandaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di MA Babul Futuh Pandaan. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan mengunakan metode observasi, wawancara serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi teman sejawat dan tringulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MA Babul Futuh Pandaan, sebagai berikut: (1) Perencanaan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan yaitu diantaranya untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran dan KBMnya dapat berhasil, agar peserta didik mencapai sebuah prestasi dalam belajar, dan cita-cita yang dimiliki peserta didik dapat tercapai. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan diantaranya dengan guru menggunakan metode yang menarik seperti diskusi dan tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik, memberikan penghargaan pada peserta didik yang berhasil dan memberikan hukuman. (3) Langkah-langkah yang guru lakukan untuk meningatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan diataranya guru menganalisis peserta didik dalam perencanaan yang dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung, guru memberikan nasehat baik kepada peserta didik, guru memberikan contoh fakta sebelumnya seperti hasil nilai atau pengalaman alumni yang berhasil, guru memberikan tugas dirumah setiap kali pertemuan dalam seminggu, dan memberikan reward seperti pujian atau hadiah. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi, Mata Pelajaran PAI