Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II di Madin Al-Hidayah Bangil Pasuruan
Abstract
Mata Pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran yang digunakan untuk mengetahui tentang ketentuan-ketentuan syari'at islam. Aspek Mata Pelajaran fiqih menekankan pada cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Pembekalan materi yang baik dalam lingkup madrasah, akan membentuk pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan memiliki budi pekerti yang luhur. Sehingga mudah diaplikasikan kepada peserta didik serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh santri setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada satu pokok bahasan.
Serta dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru selalu menyampaikan materi dengan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga pembelajaran yang berlangsung menjadi kurang efektif. Sedangkan tingkat prosentasi pemahaman siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran fiqih saat ini masih 76% perlu adanya metode baru untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madin Al-Hidayah Bangil.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II Madin Al-Hidayah Bangil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar santri dan mengetahui respon santri terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R. Instrumen yang digunakan berupa RPP, soal tes dan format observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: ketuntasan belajar kelas dan peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai minimal atau KKM 80 mencapai 100% melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R. Dari hasil pengamatan pra siklus data ketuntasan belajar santri yang dicapai yaitu 23,3% dan dari hasil penelitian dari siklus pertama ketuntasan belajar yang dicapai yaitu sebanyak 56,6% dan siklus kedua sebanyak 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ketentuan thaharah dapat meningkat melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R. Siswa berharap agar metode PQ4R dapat digunakan pada materi fiqih berikutnya.
Kata kunci: Metode PQ4R, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih