Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar. Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang sesuai dengan 7 aspek penguasaan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan dan dikuasai. Dibuktikan dengan aspek- aspek yang telah dikuasai, seperti halnya aspek menguasai karakter peserta didik, aspek pengembangan kurikulum, aspek kegiatan pembelajaran yang mendidik, aspek pengembangan potensi peserta didik, aspek komunikasi peserta didik, dan aspek penilaian dan evaluasi. Disisi lain terdapat aspek yang harus di kembangkan yaitu aspek teori belajar.
Hal ini di sebabkan bahwa kurangnya perhatian guru dalam memperhatikan siswa dalam belajar, terlihat bahwa dari beberapa kemampuan kelebihan yang dimiliki guru tersebut. Bahwa ada salah satu kompetensi yang kurang di kuasai oleh guru yaitu tentang kompetensi pedagogik yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bahwa kompetensi pedagogik guru dalam belajar siswa, ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan mengetahui kendala serta solusi guru tersebut.
Suatu metode yang digunakan peneliti dalam metode deskirptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (field recearch). Adapun sumber data peneliti ini terdiri dari data primer: yaitu guru akidah akhlak, data sekunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan adata yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersangkutan. Data dikumpulkan olah dengan cara reduksi data, penarikan kesimpulan dari data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru akidah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Malang, mengenani profesional guru dalam pengajaran dan pengaruhnya terhadap setiap proses pembelajaran akidah akhlak.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peneliti menyimpulkan tentang kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat berpengaruh bagi siswa di saat kondisi pandemi saat ini. Jadi kondisi ini menjadi beban guru dalam proses pembelajaran. Kurangnya termotivasi dan pemahaman siswa tidak merata, masalah jaringan tidak stabil, dan kurangnya perhatian orang tua. Adapun faktor pendukung dalam melakukan kegiatan belajar siswa yaitu aplikasi whatsapp bisa pemberian tugas mereka. Maka dari itu kemampuan dan kreatifitas dalam pembelajaran lebih di tingkatkan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi, Belajar Siswa