Pengaruh Lingkungan Sosial, Inovasi, Teknologi dan Modal, Terhadap Minat Berbisnis Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh lingkungan sosial, inovasi, teknologi, dan modal terhadap minat berbisnis Mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Program Studi Akuntansi angkatan 2017 dan angkatan 2018. Jumlah sampel adalah 43 Mahasiswa angkatan 2017 dan 42 Mahasiswa angkatan 2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas, menggunakan uji asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokesdastisitas), kemudian menggunakan uji simultan (uji F), Uji determinasi (Uji R), uji parsial (uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial, inovasi, teknologi, dan modal berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berbisnis mahasiswa program studi akuntansi Universitas Islam Malang, diketahui dengan nilai F hitung 27, 527 > F tabel 2,49, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05.