Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi investasi, modal minimal investasi, pengetahuan investasi dan return investasi terhadap minat investasi di pasar modal. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen angkatan 2016 dan 2017. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Purposive sampling, sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 responden. Merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan metode kuantitatif dengan memakai kuesioner (angket). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a). Motivasi investasi, Modal minimal investasi, Pengetahuan investasi dan Return investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat investasi di pasar modal. b). Motivasi investasi berpengaruh positif terhadap Minat investasi di pasar modal. c) Modal minimal investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi di pasar modal. d). Pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi di pasar modal. e). Return investasi berpengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal.
Kata Kunci: Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, Return Investasi