Inovasi Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Masa Pademik Covid 19 Menggunakan Google Form di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu
Abstract
Inovasi pembelajaran matematika pada masa pademik Covid 19 di Madrasah Ibtidiayah Bustanul Ulum Kota Batu merupakan suatu upaya yang meningkatkan pemahaman peserta didik kemampuan untuk mengerti bahan atau materi yang dipelajarinya, sehingga dapat menyimpulkan, menjelaskan dan menguraikan dengan rinci ini bahan dan materi tersebut. Melainkan hal ini, sebagai diperlukan pemahaman pengetahuan mengikuti kemampuan belajar matematika dalam berkomunikasi secara langsung.
Berdasarkan hasil observasi awal, bahwasannya pembelajaran daring pada masa pandemik Covid 19 ini mencakup semua mata pelajaran, khususnya yang terpenting perencanaan pembelajaran matematika. Pelaksanaan pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan waktu konsentrasi lebih untuk memahaminya jika dilakukan dengan tatap muka dan tergolong susah untuk dipahami bagi peserta didik jika dilakukan secara daring.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran matematika, inovasi pembelajaran matematika pada masa pandemik Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Butanul Ulum, mendeskripsikan pembelajaran matematika pada masa pandemik Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, mendeskripsikan inovasi pembelajaram matematika, pengaplikasian google form sebagai bentuk inovasi pembelajaran matematika.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalannya tanya jawab secara lisan dengan salah satu sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, makalah, dan sebagainya.
Dalam penelitian ini, kepala sekolah madrasah dengan perencanaan pembelajaran matematika merupakan usaha untuk meningkatkan pembelajaran dan minat belajar peserta didik agar, lebih membentuk karakter dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran.
Dan berdasarkan hasil yang didapatkan hasil temuan penelitiian bahwasannya dalam perencanaan pembelajaran matematika yaitu (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang diterapkan dalam standari ini dan dijabarkan dalam silabus. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Dan dengan adanyanya pelaksanaan pembelajaran matematika ini hal yang sangat membutuhkan yang lebih nyaman bagi peserta didik, hal ini guru madrasah dapat menyiapkan perangkat pembelajaran pembelajaran matematika yang akan dilaksanakan oleh guru dapat digunakan di dalam pembelajaran online melalui whatsapp, ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar matematika di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak harus terbaru canggih , tetapi pada untuk saat masa pandemik Covid 19 ada baiknya peserta didik dan guru menggunakan media belajar yang baik melibatkan peserta didik melalu pembelajaran daring. Mereka mampu menggunakan perangkat pembelajaran yang berupa vidio camtasia. Vidio Camtasia pembelajaran ini berguna untuk peserta didik dapat meningkatkan kegiatan kualitas hasil belajar, dan menumbuhkan suatu sikap yang positif kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih intetaksi.
Faktor-faktor yang mendukung usaha-usaha diatas aykni adanya dukungan dari semua pihak, lembaga yayasan, guru,peserta didik, dan wali peserta didik dan lingkungan sekolah sehingga semua evaluasi pembelajaran bisa berjalan dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang menghambat baik dari internal maupun eksternal, serta latar belakang dari inovasi evaluasi pembelajaran matematika kurang sarana prasaranana pendukung, masalah pembiyaan, sehingga menjadi faktor penghambat dalam kegitan evaluasi pembelajaran matematika.
Hal yang perlu diperhatikan yaitu saran-saran yaitu tentang bagaimana inovasi evaluasi pembelajaran matematika pada masa pandemik covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu untuk mengembangkan dan menggabungkan aspek positif dari kreatisi inovasi yang suda ada agar bisa maju.