Analisis Peranan Media Visual dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Mustofawiyah Palang-Tuban
Abstract
Penggunaan media pembelajaran di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Mustofawiyah Palang tergolong jarang digunakan oleh para guru, kemalasandan kebosanan para siswa menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran karna pengaruh minimnya pemanfaatan peranan media yang sudah tersedia. Peranan media visual dalam pembelajaran fiqih memang sangat berperan dalam pembelajaran fiqih, terlihat bahwa semangat para siswa yang sangat antusias dalam penggunaan media visual, karna masih dalam masa pandemi covid 19 tidak memungkinkan melakukan pembelajaran diluar kelas, agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan maka seharusnya para pendidik memanfaatkan media yang ada atau membuat media pembelajaran.
Berdasarkan konteks penelitian diatas, maka terdapat tujuan Penelitian yakni: pertama, mendiskripsikan pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Mustofawiyah Palang-Tuban, kedua, mendeskripsikan peranan media visual dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Mustofawiyah Palang-Tuban, ketiga, mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media visual dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Mustofawiyah Palang-Tuban.
Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, maka dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yakni: Pertama, metode observasi. Kedua, wawancara. Ketiga, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dari Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa selama pembelajaran fiqih berlangsung hanya dilakukan didalam kelas saja, tetapi dalam penggunaan dari pada peranan media visual memang sangat mempengaruhi terutama dalam segi minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa, untuk peranan dari media visual di masa pandemi sekarang ini yang paling berpengaruh ternyata adalah media visual dan media audio visual, hanya saja yang sering dipakai oleh guru pengajar fiqih adalah media visual, dan langkah-langkah penggunaan media visual dalam pembelajaran fiqih menurut data hasil temuan peneliti antara data rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan data peneliti yang didapatkan sudah sangat sesuai, Disamping dalam penggunaan media visual juga terdapat penggunaan metode pembelajaran yaitu strategi Active Knowledge Sharing yang membuat proses pembelajaran lebih aktif dan saling bertukar pengetahuan.
Kata Kunci: Peranan, Media Visual, Pembelajaran Fiqih