Strategi Internalisasi Karakter Religius pada Siswa MTS Almaarif 02 Singosari Malang di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Wabah yang menjadi pusat perhatian oleh seluruh publik di dunia dan membawa berbagai ragam pengaruh disegala bidang baik dalam bidang kesehatan, bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya. Semua bidang mengalami kelumpuhan dan bahkan pemerintahan Indonesia berusaha meminimalisir semua kegitan yang berkaitan dengan orang banyak yang dialihkan dengan istilah work for home (WFH). Hal ini juga akan membuat sekolah harus mencari sistem pembelajaran yang cocok digunakan dalam pandemi seperti ini. Selain itu kurikulum yang digunakan juga menyesuaikan dengan kurikulum pandemi yang di
mana waktu dalam proses pembelajaran lebih singkat. Walaupun begitu sekolah tetap mengupayakan yang terbaik untuk penanaman karakter religius pada siswa. Strategi penanaman karakter religius di masa pandemi ini tidak jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi karakter religius pada siswa, untuk mengetahui strategi internalisasi karakter religius yang diterapkan kepada siswa, untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi internalisasi karakter religius pada siswa. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah dan guru untuk menerapkan strategi internalisasi karakter religius pada siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus, yaitupeneliti akan berusaha memaparkan realitas yang ada tentang apa yang dikembangkan, strategi yang digunakan dan model yang diterapkan dalam internalisasi karakter religius pada siswa di era pandemi covid-19. metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi dan sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder.
Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MTs Almaarif 02 Singosari Malang yaitu meliputi nilai-nilai Illahiyah dan nilai-nilai Insaniyyah. Nilai-nilai Illahiyah yang dikembangkan di MTs Almaarif 02 Singosari Malang yaitu ketaqwaan, keihlasan dan kejujuran, sedangkan nilai-nilai Insaniyyah nya yaitu kesopanan, tolong-menolong, kesetaraan, dan kebersihan.Strategi internalisasi karakter religius bagi siswa yang dilakukan oleh MTs Almaarif 02 Singosari Malang yaitu internalisasi secara teoritis melalui pengenalan nilai-nilai religius pada saat orientasi siswa baru,melalui kegiatan ekstrakurikuler, melalui kultum dhuha, melalui peringatan hari besar islam,melalui kegiatan-kegiatan keagamaan , melalui penciptaan budaya religius di sekolah, serta adanya pengawasan secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Strategi Internalisasi, Karakter Religius